• klik klas

Jatuh Cinta Lewat Aplikasi Kencan, Memang Bisa Bertahan?

Ada satu kisah tentang percintaan yang diawali dari pertemuan di media sosial. Tepatnya melalui sebuah aplikasi kencan, Tinder.

Perempuan ini memang sudah punya riwayat beberapa kali punya hubungan melalui dunia maya. Ada yang bertahan sampai 3 tahun, ada yang gagal, ada yang baru pendekatan lagi. Yaa tiap orang punya preferensinya sendiri kan terkait pencarian pasangan. Kebetulan yang selalu dia pilih adalah bertemu melalui jalan daring.


Setelah beberapa kali gagal dalam hubungan, kali ini si perempuan ini bisa dibilang berhasil. Setelah intens ngobrol dan saling tukar data diri, akhirnya mereka mulai serius. Meskipun menjalani long distance relationship, ternyata ini nggak menghalangi kedekatan emosional mereka. Sampai sekarang, mereka masih menjalin hubungan.

Nah, bagaimana dengan Klikers dan Teman Baik? Dari cerita itu, ada nggak ketulusan diantara mereka? Dan bagaimana ya pertemuan secara virtual itu bisa mengikat hubungan cinta mereka?


Sebuah studi tentang dinamika membangun hubungan percintaan secara virtual menunjukkan bahwa landasan cinta paling utama tergambar pada komitmen.


Komitmen artinya kesepakatan yang didalamnya ada kesungguhan hati dan janji. Sebenarnya ini kembali ke perspektif kamu, selama kamu belum ada rasa percaya dengan lawan jenis yang dekat denganmu maka komitmen itu akan sulit dibangun.

Tingkat kepercayaan tiap orang pun berbeda-beda tergantung dari pengalaman pribadi individu. Ada lho perempuan yang sulit mempercayai laki-laki karena punya trauma masa lalu, ada juga laki-laki yang sulit membangun hubungan bahkan sekadar menyatakan perasaan karena terpukul ditinggal menikah.


Jadi kesungguhan hati bisa dibuktikan dari seberapa jauh pasangan kamu berpikir tentang hubungan kalian ke depan. Mau bertemu lewat aplikasi kencan, mau bertemu secara langsung, selama kepercayaan dan keterbukaan #SelaluBertumbuh maka itu bisa dikatakan cinta yang tulus.

Nah tips dari #TemaniTeman supaya kamu nggak zonk saat mencoba aplikasi kencan, coba deh untuk tes kejujuran terkait identitas lawan jenismu.


Caranya gimana? Coba ajak ngobrol dan tanyakan pertanyaan yang sama selama beberapa kali tapi dalam waktu yang berbeda-beda. Kalau dia menjawab dengan konsisten maka itu bisa jadi salah satu indikator kejujuran. Yaa namanya juga ikhtiar ya kan 😊 Selama niat kamu baik, semoga hasilnya pun juga yang terbaik yaaa…


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

3 views0 comments

Recent Posts

See All