• klik klas

Jangan Puas Belajar di Kelas!

Halo Klikers dan Teman Baik!


Pernah denger istilah mahasiswa “kupu-kupu”?


Mungkin buat kamu yang masih sekolah, belum sering mendengar ini, ya. Tapi, istilah itu cukup terkenal loh—apalagi buat ngeledekin teman yang sibuk kuliah doang. Istilah mahasiswa kupu-kupu ini maksudnya adalah mahasiswa yang “kuliah-pulang-kuliah-pulang” terus. Jadi, habis kuliah langsung pulang dan nggak ikut aktivitas lain di kampus.

Nah, kenapa istilah ini jadi populer?



Sebenarnya kebanyakan karena isu bahwa mencari kerja nggak hanya sebatas IPK mulai menggema. Benar, ketika kamu mau cari kerja selepas lulus SMA atau kuliah, para pemburu pekerja tidak hanya melihat dari nilai dan IPK saja. Mereka lebih senang dengan orang-orang yang punya skill atau kemampuan khusus. Terlebih kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau kantor tersebut.


Maka dari itu, #TemaniTeman mau mengajak kamu supaya kamu nggak mudah puas hanya dengan belajar di kelas. Mempelajari berbagai teori dan hitungan di kelas memang bagus untuk mengasah kerja otak dan logikamu. Namun demikian, hal itu tidak cukup untuk membantumu bertahan hidup di dunia yang sebenarnya.


Kamu perlu banget mengembangkan skill dan potensi khusus dalam dirimu. Biasanya, skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan komunikasi, dan kemampuan lain yang sejalan dengan bidang yang sedang digeluti.



Katakanlah kamu sedang kuliah di jurusan Psikologi. Untuk bisa berkarir di ranahnya lulusan psikologi, kamu nggak cukup hanya dengan menyerap berbagai macam teori psikologi dan terapi yang ada. Kamu perlu banget untuk ikut magang, jadi volunteer, atau terlibat menjadi asisten psikolog untuk mengembangkan skill yang dipunya. Utamanya, bidang psikologi ini memiliki kekuatan di alat tes yang dikembangkan sehingga kemampuan menyajikan dan men-skoring alat tes menjadi keharusan yang perlu dikembangkan.


Selain itu, belajar bisa dari mana saja. Kamu bisa mengembangkan pola pikir, kemampuan penyelesaian masalah, dan komunikasi dengan banyak berdiskusi di luar kelas. Bertemu dengan beragam jenis manusia juga bisa mengajarimu banyak hal berkaitan dengan skill yang dibutuhkan dalam hidup.


So, supaya kamu bisa #SelaluBertumbuh dan berkembang, jangan puas hanya dengan belajar di kelas. Gali ilmu dan insight hidup dari mana pun dan siapa pun karena segala hal yang ada dalam hidup bisa menjadi guru berharga untukmu.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All