• klik klas

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri



Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar hari ini? Semoga kabar baik yaaa biar baca artikelnya lebih semangat.hehehe Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang sering nyalahin diri sendiri? Ngerasa semua hal yang terjadi dalam diri kita adalah kesalahan kita semata, kita jadinya sering sedih, sering ngerasa diri nggak berharga, sering ngerasa diri nggak becus untuk ngelakuin sesuatu, kasian banget yaa diri kita disalahin terus padahal dia udah usaha sebisa dia loh.


Padaha diri ini udah berusaha untuk bertahan, berusaha untuk mewujudkan, berusaha untuk melawan rasa malas tapi tetep aja ketika gagal akan sesuatu hal, diri sendiri yang terus disalahin.


Di sini aku bukan mau mengajarkan untuk menghindari menyalahkan diri sendiri dan mulai menyalahkan orang lain atau keadaan, nggak sama sekali karena perilaku menyalahkan orang lain dan keadaan terus menerus juga tidak baik. Di sini aku ingin bilang ke kamu untuk nggak berlebihan menyalahkan diri sendiri.



Jika kita gagal dalam melakukan sesuatu hal, gagal dalam mencapai mimpi kita, kita sadari bahwa kita memang mungkin ada porsi salahnya di sana tapi nggak seutuhnya tentang salah kamu.


Misal kamu mau banget kuliah di universitas A, kamu kejar mati matian kampus itu, kamu les setiap hari, kamu belajar setiap malam, kamu cari tau tentang seluk beluk kampus impian kamu, eh di hari H tes masuk kamu sakit jadi nggak bisa totalitas dalam mengerjakan tes dan akhirnya kamu tidak lulus dan harus kuliah di tempat yang bukan kampus impian kamu.


Mungkin kamu menyesali hal itu, kamu selalu menyalahkan diri sendiri kenapa kamu harus sakit di saat yang tepat, kamu mengutuk diri sendiri harusnya kamu menjaga kesehatan lebih baik biar nggak sakit.


Klikers dan Teman Baik, stop untuk menyalahkan diri sendiri, semua itu udah terjadi, bisa jadi kamu sekarang ada di kampus yang bukan impianmu justru itu yang terbaik.


Stop untuk menyalahkan diri sendiri, setidaknya kamu pernah berusaha sekeras itu untuk menggapai mimpi kamu. Lagian memang dalam hidup bukankah kita nggak harus selalu menggapai apa apa yang kita inginkan? Sesekali kita memang perlu belajar tentang kegagalan. Kita nggak pernah tau juga sebenarnya apa yang terjadi di diri kamu bisa jadi itu bukanlah kegagalan tapi memang jalan Tuhan?



Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

2 views0 comments

Recent Posts

See All