• klik klas

Jangan Membiasakan Kesalahan Menjadi Hal Yang Normal



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang dulu pernah dibully gara gara nggak mau ngasih contekan? Apakah kamu orangnya? Pernah nggak sih mikir kita kan lagi melakukan hal yang benar ko berasa kita yang salah, padahal tidak mencontek dan nggak ngasih contekan adalah hal yang benar tapi kenapa lingkungan seakan akan nggak mendukung untuk itu?


Klikers dan Teman Baik, jika kamu dulu dibully karena menjunjung tinggi kejujuran dan kamu tetap mempertahankan kejujuran itu, selamat kamu keren banget, kamu special tau dan bangsa ini butuh banget orang orang jujur kayak kamu.


Bagi sebagian orang mungkin kamu dianggap menyebalkan dan so pintar tapi percayalah kamu ada di jalan yang benar. Kamu sekolah kan memang untuk belajar bukan untuk main main kalau cuman mau main main tempatnya bukan di sekolah tapi pergi aja ke Dufan. Di sana kamu nggak perlu ujian, yaa paling uji mental untuk naik wahana.


Klikers dan Teman Baik, jika kamu adalah salah satu pembully waktu sekolah karena teman kamu berlaku jujur, yuk minta maaf.



Mulai hari ini please stop menormalisasi kesalahan, bagaimanapun mencontek dan memberi contekan adalah sebuah kesalahan dan nggak benar untuk dinormalisasi.


Tujuan kita datang ke sekolah yaa untuk kita belajar bukan agar gimana kita bisa punya nilai yang besar tapi hasil mencontek.


Lebih miris lagi hari ini banyak konten yang merasa dirinya bangga karena dulu dia sering mencontek. Apakah kejujuran di negeri ini begitu tidak dihargai bahkan sekarang banyak banget dijadikan konten seakan akan yang dulunya jujur dan nggak ngasih contekan hidupnya lebih baik?


Aku khawatir generasi genersi selanjutnya karena banyak disajikan konten konten seperti itu berpikiran bahwa di sekolah itu nggak perlu pintar pintar amat dan jujur jujur amat toh masa depan nggak ada yang tau, banyak juga orang sukses yang dulunya tukang nyontek. Miris banget :’’’’’


Jujur aku sedih melihat konten yang menormalisasi kesalahan seperti itu, padahal kesuksesan nggak hanya ditentukan dari seberapa banyak uang kamu, seberapa kamu terkenal, tapi mempunyai akhlak yang baik dan jujur juga adalah sebuah kesuksesan.


Jadi please banget yaa Klikers dan Teman Baik, semoga kamu bukan salah satunya yang menormalisasi kesalahan seperti itu.


Sesuatu yang salah tetap salah meskipun kamu bungkus dengan packaging yang sebagus mungkin.


Yuk semangat jadi manusia jujur.


Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

2 views0 comments

Recent Posts

See All