• klik klas

Jangan Jadi Beban Temanmu!



Haloo Klikers dan Teman Baik, kamu punya teman berapa sekarang? Ngerasa nggak sih semakin kita beranjak dewasa, teman kita semakin dikit? bahkan ada juga loh orang yang ngerasa dia nggak punya teman. Sebenarnya nggak masalah kalau ada orang yang ngerasa dia nggak punya teman, tetapi sebenarnya harus cari tau sih kenapa bisa nggak punya teman. Apakah karena memang males aja berteman dan lebih nyaman sendiri atau memang setiap berteman kita nggak bisa maintenance pertemanan itu atau bahkan memang nggak ada yang betah berteman dengan kita. Nah kalau casenya yang terakhir, ini bahaya sih.


Klikers dan Teman Baik, nggak bisa kita pungkiri ketika kita berteman dengan orang lain pasti ada orang orang yang benar benar mencari apakah kamu berguna dipertemanannya atau malah nggak ada gunanya dan bahkan jadi beban? Ini bukan tentang berarti tidak ada yang mau berteman dengan tulus denganmu, tetapi emang pada kenyataanya pertemanan itu adalah transaksional dan kita harus sadari itu.



Klikers dan Teman Baik, setidaknya ketika kita berteman kita jangan menjadi beban teman teman kita, mungkin jadi beban sekali dua kali nggak papa, tapi kalau terus terusan? Adakah yang mau berteman dengan kita? Transaksional bukan berarti selalu tentang materi. Bisa dalam hal kenyamanan. Setidaknya buatlah mereka nyaman berteman denganmu.


Membuat nyaman orang lain bukan berarti harus berpura pura baik terus menerus yaa, kita tetap bisa menjadi diri sendiri ko tapi perilaku kita yang jangan nyusahain dan hanya menjadi beban dipertemanan.


Jika diajak ketemuan, kamu nggak perlu jadi princess yang harus selalu diajak duluan tapi sesekali kamu boleh mengajak duluan. Jika kamu selalu menjadi orang yang dijemput, sesekali kamu bisa mengisi bensin temen kamu. Jika kamu sering curhat dengan teman teman kamu, kamu bisa menawarkan teman kamu untuk curhat balik sama kamu.

Kamu jangan berharap teman teman kamu yang selalu mengerti kamu, sesekali kamu yang harus mengerti mereka. Pertemanan yang saling itu akan bertahan lama, apalagi satu frekuensi. Jika kamu dibuat senang oleh mereka, kamu juga harus berusaha menyenangkan mereka.


Ingat, bahwa dipertemanan, status kita sama, tidak ada siapa yang lebih harus di treat seperti king atau queen. Jadi yuk sadar diri J



Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


13 views0 comments

Recent Posts

See All