• klik klas

Jangan Asal Marah, Coba Lakukan Cara ini!

Haloo Klikers dan teman baik!

selama perjalanan mengenal pasangan pasti kamu temukan banyak hal yang tidak sesuai ekspektasi kamu, menyebalkan, membuat nangis, dibuat kesal dan hal hal tidak menyenangkan pasti terjadi.


Kadang diantara kamu menemukan pasangan atau diri kamu ternyata amarahnya tidak terkendali. Disaat ada masalah atau salah satu diantara kamu menemukan hal hal yang tidak suka biasanya perasaan yang muncul adalah rasa marah yang terkadang mengekspresikannya dengan marah yang kurang baik bahkan memperburuk masalah yang ada dan tidak mendapatkan solusi atas permasalahan tersebut.


Padahal mempunyai rasa marah itu adalah hal yang wajar karena kita sebagai manusia memang diciptakan dengan berbagai perasaan, salah satunya adalah perasaan marah.

"Marah sendiri adalah rasa yang dicirikan oleh ketegangan dan permusuhan yang muncul akibat rasa frustasi, luka yang nyata atau tidak nyata yang ditimbulkan oleh orang lain atau perasaan karena diperlakukan tidak adil. (American Psycholical Association)"

Nah tapi emosi marah yang tidak kita kendalikan dengan baik akan membawa kita kepada perilaku kurang baik seperti berperilaku kasar, berkata kasar, memaki bahkan sepanjang hari mengeluh dengan memakai nada tinggi.


Oleh karena itu, agar marah kita bisa terkendali kita harus belajar mengelola marah apalagi dengan pasangan yang setiap hari bertemu, bangun tidur ketemu, sebelum tidur ketemu juga. Banyaknya intensitas bertemu adalah sesuatu yang sangat sulit jika kita tidak punya konflik dan tidak ada rasa marah kepada pasangan oleh karenanya agar marah kita tidak menyakiti dan pasangan kita tidak jadi samsak amarah kita ada hal hal yang perlu kita perhatikan ketika amarah sudah mulai ada dalam dada kita.


1. Sadari bahwa kita sedang marah

Ketika kita sedang marah, akui bahwa memang kita sedang marah, sadari bahwa sekarang perasaan kita sedang tidak baik baik saja. Jangan sampe ditanya “kamu lagi marah ya?” jawabannya nggak tapi nge gas


2. Berganti posisi atau pindah tempat

Jika kita mulai merasakan merasakan marah berganti posisi lah jika sedang duduk coba lah berdiri atau tidur, begitupun jika ada di ruang tamu berpindahlah dahulu ke kamar. Ini akan sedikit banyak membantu agar amarahmu tidak menggebu.


3. Berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan tidak menyakiti

Jika memang kita marah dengan pasangan kita, komunikasikanlah tapi tunggu setelah emosi itu mereda, apapun yang tidak kamu komunikasikan, suatu hari nanti akan menumpuk dan menjadi bom waktu. Jadi berbicaralah dengan santun dan tidak menyakiti. Semoga dengan berkomunikasi, kita dan pasangan bisa saling mengerti

3 views0 comments

Recent Posts

See All