• klik klas

Jaga Kesehatan Mentalmu, Mulai dari Membereskan Kamar!

Hai, Klikers dan Teman Baik! Apakah kamu tipe orang yang suka beres-beres? Atau beres-beres ketika sempat saja?

Tahu nggak, sih? Salah satu cara simpel untuk menjaga kesehatan mental itu bisa dimulai dari rutin membereskan kamar, lho!

Lah, kok bisa?

Tentu bisa!


Kamar adalah ruangan terkecil dan terdekat yang kita punya. Ada pula yang bilang kalau kamar itu representasi dari diri kita. Jika kamarmu rapi, artinya kamu adalah sosok yang menyukai kerapian baik secara penampilan bahkan pikiran.


Pernah nggak pas kamu lagi pusing banget sama urusan sekolah, kerjaan kantor, atau tugas-tugas hidup lainnya, kamar kamu jadi berantakan? Selimut dilipat sekenanya, nyapu juga sesempatnya, dan mungkin baju menumpuk di gantungan belakang pintu. Nah, loh! Keliatan banget tuh kalo kamu lagi kalut.

Sebenernya, proses membereskan dan merapikan kamar itu bisa menjadi sarana kamu untuk belajar menata hal-hal yang tidak berada pada tempatnya. Kalau sudah terbiasa menata hal-hal yang bersinggungan dalam hidupmu setiap hari, kamu pun akan terbiasa menata pikiran dan tugas-tugas yang lebih besar dari sekadar membereskan kamar!


Coba bayangkan jika kamu tidak membereskan kasur dan kamar secara rutin di pagi hari. Ketika kamu selesai sekolah online atau rapat online dan pikiranmu campur aduk kayak gado-gado karena lelah, apa nggak semakin ruwet pas lihat kamar yang berantakan?

Duh, ngebayanginnya aja ikut pusing.


Beda ceritanya kalau kamu lagi capek-capeknya, terus disambut dengan kamar yang bersih, rapi, dan kinclong. Pikiran yang lagi kalut nggak akan deh jadi semakin kalut. Justru kamu bisa beristirahat dengan lebih nyaman dengan kamar yang rapi dan bersih.

Istirahat yang berkualitas tentu akan berpengaruh ke kesehatan mentalmu. Maka, hal kecil seperti membereskan kamar ada baiknya mulai kamu lakukan secara rutin setiap pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum beraktivitas.

Ah, dan efek dari membereskan kamar ini bisa langsung dirasakan, bisa juga setelah beberapa kali dilakukan. Jadi, kalau kamu belum merasakan dampak baiknya dari membereskan kamar untuk kesehatan mentalmu, jangan langsung berhenti, ya! Siapa tahu, kamu termasuk individu yang perlu berulang kali melakukan baru merasakan efeknya bagi kesehatan mental.

Different people, different time.


Yang penting, jaga ruang terkecilmu ini supaya bisa menjadi tempat kembali ternyaman setelah hectic-nya kesibukan sepanjang hari.


Selamat beres-beres, Klikers!

0 views0 comments

Recent Posts

See All