• klik klas

Ini Dia, Cara Halus Nyetop Orang yang Terlalu Banyak Bicara

Tidak dipungkiri, dalam kehidupan sehari-hari pasti kamu menemui perbincangan membosankan dengan orang yang kalau cerita panjang kali lebar masih dipangkatkan! Hahaha alias yang suka banget cerita sampai kadang nggak sadar kalau lawan bicaranya udah nggak tertarik lagi sama ceritanya.


Biasanya nih dalam agenda hari besar keluarga, kamu capek banget ditanya “Kapan nikah?”, “Kapan lulus?”, “Kapan hamil anak kedua?” ya kan? Nah, kamu perlu trik jitu nih biar kamu bisa menghentikan sederet pertanyaan itu dan berganti ke topik lain.


Gimana ya caranya biar kamu tidak menyinggung orang saat ingin interupsi? Versi #TemaniTeman, saat kamu ingin memotong pembicaraan kamu perlu keterampilan. Jangan sampai kamu interupsi tanpa ilmu sehingga yang ada lawan bicara tidak suka, kamu pun tidak nyaman. Ada beberapa cara, kamu bisa pilih mana yang menurutmu cocok untuk kamu praktikkan.

Pertama, kamu perlu strategi waktu yang tepat saat memutus pembicaraan itu. Tunjukkan gestur-gestur yang menandakan kamu terburu-buru seperti melihat jam, menoleh ke belakang atau ke arah manapun seolah menunjukkan kamu gelisah, menarik napas bolak-balik. Ini memang terkesan menggelikan, tapi bisa saja ini dicoba. Teknik pertama ini tujuannya adalah membuat lawan bicara merasa kamu harus segera pergi sehingga biarkan lawan bicara menyudahi percakapannya sendiri.

Kedua, kamu boleh langsung menyela dengan mengatakan “Maaf” terlebih dahulu. Kalau lawan bicaramu memberi jeda, maka lanjutkan dengan alasan pribadimu. Misalnya “Maaf, saya harus segera pergi”, ya semacam itulah. Setelah berkata maaf, jangan langsung pergi lho. Akhiri dengan manis 😊 seperti mengatakan “Semoga lain waktu, kitab isa ngobrol lebih banyak lagi ya. Ceritamu menarik!”.


Ketiga, untuk kasus ketika lawan bicara mulai menanyakan hal-hal yang bersifat personal, coba untuk menjawab dengan singkat dan tidak terpancing emosi. Kalau mau makin ‘asyik’ kamu bisa balik banyak bertanya kepada lawan bicara supaya dia teralihkan.


Memang tidak ada cara jitu untuk memberhentikan lawan bicara kita yang ngobrol ngalor ngidul. Setiap orang bisa #SelaluBertumbuh lewat kreativitas dalam berkomunikasi. Semakin banyak membaca, Klikers dan Teman Baik akan semakin tau tips dan triknya. So, stay tune with #TemaniTeman ya!


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

0 views0 comments

Recent Posts

See All