• klik klas

Ingat Hal Ini Ketika Kamu Mager dan Menunda Pekerjaanmu!

Klikers dan Teman Baik, prokrastinasi atau menunda mengerjakan tugas karena alasan mager—males gerak—tentu sering terjadi dalam hidupmu. Bahkan, rasanya sudah memaksa diri untuk gerak dan produktif, tapi kok godaan kasur, game, drakor, dan berbagai godaan lain lebih kuat sampai bisa mengalihkan duniamu dari tugas-tugasmu.


Hayo, ngaku aja, sering mager yang berakhir menunda-nunda pekerjaan, kan? Nggak jarang penundaan ini justru membuat pekerjaanmu makin menumpuk dan kamu jadi ngerjainnya mepet deadline. Iya apa iya?



Nah, mungkin kamu perlu ingat hal-hal ini ketika kamu lagi mager dan nggak menyelesaikan pekerjaanmu karena berbagai alasan.


1. Ada yang sedang berjuang menggapai impiannya. Kamu?

Tiap kamu lagi mager, setiap itu pula orang-orang di luar sana sedang memperjuangkan impiannya. Kadang, mereka rela mengurangi waktu istirahatnya—bukan mengabaikan, loh ya—supaya target-target hidupnya bisa terpenuhi. Nah, apa kabar dengan target hidupmu?


2. Waktu yang berlalu nggak bisa diputer ulang

Pernah nggak sih pada akhirnya kamu malah nyesel karena sudah mager terus? Nyesel karena kerjaan malah makin numpuk, nyesel karena merasa “Aku itu sebenernya bisa nyelesein ini lebih cepet!” dan nyesel-nyesel lainnya. Ya, namanya juga penyesalan, datanya di akhir. Kalo di awal mah namanya niat, hehe... Jangan sampai deh, kemageranmu malah memupuk penyesalan dalam hidup.


3. Membuat leha-leha terasa tak tenang

Sebenernya, ini untuk orang-orang yang punya rasa tanggung jawab yang tinggi, sih. Nah, kalo kamu termasuk orang yang seperti itu, biasanya istirahat pun nggak tenang karena kamu sadar bahwa kemageranmu bisa menumpuk pekerjaan. Jadi kayak ada rasa bersalah gitu karena pekerjaan nggak selesai-selesai. Kan nggak enak, ya, kalo leha-leha jadi nggak tenang. Mending selesaikan dulu dikit-dikit, disambil leha-leha juga nggak apa-apa asal gerak.



Mager itu memang manusiawi, apalagi kalau kamu habis kerja keras bagai quda yang sampai nggak ada waktu istirahat sama sekali. Rasanya ingin tiduran saja tanpa ngapa-ngapain. Tapi, bukan berarti mager jadi alasan untuk menunda menyelesaikan tanggung jawab, ya!


Paling tidak, kalau kamu sedang lelah atau burn out sama kerjaan yang non-stop, beristirahat sejenak nggak apa-apa kok. Dirimu pun butuh refreshing supaya bisa segar lagi. Namun, jangan keterusan dan jadi mager ngapa-ngapain. Hidup terus berjalan walau kamu nggak jalan-jalan. Nggak mau kan ketinggalan untuk #SelaluBertumbuh?


Semoga kamu bisa membangun bangunan masa depan yang utuh, ya. Nggak cuma bangun pager karena mager doang yang dilakuin XD *maap garing.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

2 views0 comments

Recent Posts

See All