• klik klas

Hormon Serotonin Untuk Hidup Kamu




Haloo Klikers dan Teman Baik, sudah bahagia belum hari ini? Semoga kamu bahagia yaa, kalau belum yuk bahagia dulu, eh tapi kan bahagia nggak bisa dipaksakan? Bisa koo coba senyum dulu :) gimana udah enakan suasana hatinya? Kalau belum yauda gapapa semoga sejam ke depan bisa lebih baik yaa suasana hatinya.


Klikers dan Teman Baik, tau nggak sih ada hormon yang mempengaruhi kebahagian dan suasana hati kita? Apa itu nama hormonya? Yap, sesuai judul artikel ini yaitu hormin serotonin.


Sebenarnya apa sih hormon serotonin itu? Mari kita simak….


Hormon serotonin adalah zat kimia yang bertugas untuk membawa pesan antarsel saraf pada otak. Zat ini diciptakan oleh proses biokimia dengan menggabungkan berbagai bahan seperti asam amino triptofan, komponen protein, dan reaktor kimia yaitu hidroksilase triptofan.


Tapi gausah bingung sama pengertianya apalagi kalau kamu bukan anak kimia yang asing dengan nama nama di atas kita santai aja bacanya.


Jadi hormon serotonin ini fungsinya banyak untuk tubuh kita salah satunya mengatur suasana hati, zat yang terdapat di otak ini membantu mengatur perasaan cemas sekaligus bahagia. Makanya hormon ini sangat penting bagi kita apalagi bagi orang yang sedang merasakan kesedihan atau kalut dengan suasana pendemi ini.



Selain mengatur suasana hati, di masa pendemi ini kita juga harus menjaga kesehatan salah satunya dengan berjemur di pagi hari agar mendapat vitamin D. Mulai besok ayoo melihat matahari pagi, bangun pagi, keluar menyapa langit meskipun hanya di depan teras rumah. Semoga kalau udah rajin di depan rumah besok besok bisa depan pantai di Bali sambil liburan :) hehe


Oh iya Klikers dan Teman Baik, selain berjemur, berolahraga juga bisa loh memicu hormon serotonin, jadi berolahraga dapat memicu pelepasan triptofan ke dalam darah. Triptofan sendiri merupakan asam amino esensial yang berperan penting dalam tubuh, salah satunya menciptakan serotonin. Menurut peneliti dari University of Vermont, olahraga dengan durasi 20 menit saja per hari dapat memperbaiki suasana hati hingga 12 jam ke depannya. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung seperti renang, bersepeda, jalan cepat, berlari, atau hiking. (Gramedia.com)


Nah jadi yuk kita dapatkan hormon serotonin ini dengan cara yang memang kita mampu!


Jangan cemberut lagi yaaa :)


Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

2 views0 comments

Recent Posts

See All