• klik klas

Hindari Ngomomg “Yaelah, Gitu Aja ko Galau”


Haloo Klikers dan Teman Baik, sering ga denger pernyataan itu? “Yaelah gitu doang” atau jangan jangan kamu sendiri yang sering bilang pernyataan kayak gitu?

Kalau iya, kamu lagi ada di halaman yang tepat.


Oke, untuk kamu yang pernah bilang kayak gitu sama temenya, kamu tau ga ternyata pernyataan kita yang kayak gitu, yang mungkin kita kira “yaelah becanda doang.” ternyata bisa bikin orang lain sakit hati bahkan depresi loh, apalagi kalau temenmu memang sudah depresi, wah bisa jadi kamu membuatnya lebih parah loh.


Mungkin dari kacamata kita ada orang yang masalahnya berat banget di DO, orang tua bercerai, dikejar hutang puluhan juta tapi kuat ga depresi, eh ada nih yang cuman masalahnya dijauhi temen, putus cinta, tapi ko bisa bisanya depresi padahal masalahnya ga seberapa dibanding yang lain.


Eitss tunggu dulu..

Itu kan dari kacamata kita,gabisa kita pakai untuk menilai kesedihan orang lain, karena kita ga bisa mengukur rasa sedih, rasa cemas, rasa sakit yang orang lain rasakan.

Dont Judge!


Siapa tau mereka tuh sebenarnya udah ngerasain depresi mayor karena tahan banting seseorang kan beda beda dan gabisa kita sama ratakan.

Jadi coba kita kenalan ke ciri depresi mayor menurut ilmu psikologi yuk klikers!

Siapa tau temenmu mengalami ini.


Depresi Mayor adalah gangguan mood dimana seseorang merasakan kesedihan mendalam dan tidak mampu merasakan kesenangan dalam durasi tertentu lalu hilang, namun seringkali kembali muncul di kemudian hari (Kring, Johnson, Davidson, & Naela,2014)

Nah kita cari tau yuk gejalanya!

Gejala Depresi Mayor Menurut DSM-V


1. Mengalami penurunan suasana hati/mood hampir sepanjang hari hingga setidaknya dua minggu

2. Mengalami penurunan minat pada aktivitas sehari-hari

3. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan meskipun sedang tidak diet

4. Mengalami permasalah tidur seperti insomnia atau hypersomnia hampir tiap hari

5. Penuruna kemampuan berpikir dan gerakan melamban (berdasarkan pengamatan orang lain, bukan perasaan subjektif)

6. Mengalami kelelahan dan kehilangan energi hampir setiap hari.

7. Merasa tidakberharga atau rasa bersalah yang berlebihan

8. Kesulitan berkonsentrasi dan berkurangnya kemampuan berpikir

9. Sering memiliki keingina untuk mengakhiri hidup.


Temen kamu merasakan itu semua? Atau kamu sendiri?

Tenang, jangan panik!


Kalau kamu merasakan gejala seperti yang disebutkan, kamu perlu menyadari dan mengakui bahwa kamu sedang tidak baik baik saja.


Lalu setelah kamu sadar kamu sedang tidka baik baik saja kamu mulai mencari aktivitas yang membuat kamu merasa berharga kembali.

Atau kamu bisa mencari teman untuk bercerita.

Akan tetapi jika keadaanya semakin parah, yuk datang ke psikolog!

Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

3 views0 comments

Recent Posts

See All