• klik klas

Hidupmu dan Hidupnya Berbeda, Kenapa Harus Dibandingkan?

Hai, Klikers!


Akhir-akhir ini, banyak isu seputar tujuan hidup yang kembali terdengar. Apalagi selama pandemi, rasanya tujuan yang pernah dibuat tidak lagi relevan dan terlalu terlambat untuk memulainya.

Namun di sisi lain, dirimu sering banget membandingkan progres diri dengan orang lain dan rasanya... diri ini semakin tidak berharga.

Tapi, apa kamu tahu?


"Sering kali diri membandingkan hal-hal yang sudah jelas berbeda. Tujuan dan target dari setiap kita tentu berbeda."

Kalau pun ada yang sama, seperti sama-sama ingin menjadi dokter misalnya, hal lain dibalik keinginan itu bisa saja berbeda.


Kamu ingin menjadi dokter supaya bisa buka klinik yang terjangkau untuk orang tak mampu. Sedangkan dia ingin menjadi dokter karena orang tuanya menginginkan seperti itu.


Terlihat sama, tetapi ada hal tak terlihat di balik itu yang membuat kesamaan itu jadi beda. Ya, alasan di balik keinginan itulah yang membuatnya berbeda.


Tidak hanya soal sama-sama ingin menjadi dokter. Hal ini pun berlaku untuk segala keinginan dan tujuan yang ingin dicapai olehmu dan oleh mereka. Yang terlihat sama saja ternyata bisa jadi berbeda, apalagi yang sudah jelas-jelas berbeda tujuan?


Nyatanya, hidup ini adalah perjalanan panjang. Setiap tujuan memiliki garis awal, garis akhir, serta perbekalan yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

Maka, perlu kamu sadari bahwa setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan yang berbeda itu membuat setiap kita memiliki garis awal dan akhirnya masing-masing. Bekal yang dimiliki pun akan jelas berbeda dan itulah yang menentukan bagaimana kita menghadapi perjalanan panjang ini. Bekal yang banyak tentu memberi energi yang cukup, bekal yang sedikit tentu akan terasa kurang dan membuat lelah.


Garis akhirmu dengan mereka pun berbeda. Mungkin kalian pernah bertemu dalam satu perjalanan yang sama, tetapi saat tiba di persimpangan, kalian memilih jalan masing-masing. Beda tujuan, beda persimpangan, dan beda pula garis akhirnya.


Tidak ada yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Setiap diri punya waktunya masing-masing.

So, untuk apa terus membandingkan sesuatu yang sudah jelas berbeda?


Lebih baik, kamu fokus saja pada garis akhirmu, pada tujuanmu, dan pada seberapa banyak bekal yang kamu miliki untuk siap berjalan hingga akhir.


Yuk, cek lagi perbekalan diri untuk terus melangkah mencapai tujuan akhir!


4 views0 comments

Recent Posts

See All