• klik klas

Hidupku Bukan Urusanmu

Hei, Klikers dan Teman Baik!


Kadang-kadang, adaaa aja orang di sekitarmu yang terus menerus mengomentari pilihan dan segala hal yang terjadi dalam hidupmu. Sampai rasanya, telingamu gatal dan kepalamu pening untuk terus menanggapi komentar-komentar itu. Nggak jarang, suka muncul kalimat semacam ini, seminimalnya dalam pikiranmu:


“Kenapa, sih, orang-orang ikut campur banget dan ngurusin hidup aku? Lagian ini hidupku, bukan urusan mereka juga!”



Atau mungkin kamu pernah menyuarakan kalimat itu ke orang lain? Merasa bahwa hidupmu bukan urusan mereka sehingga mereka tidak berhak mengomentari pilihan dan hidupmu. Pernah?


Klikers dan Teman Baik, memang hidupmu adalah urusanmu. Memang hidupmu juga pilihanmu. Tentu, kamu pun pasti sudah mempertimbangkan banyak hal dalam proses pengambilan keputusan dan pilihan hidup. Akan tetapi, bukan berarti hal itu tidak jadi urusan orang lain.


Orang di sekitarmu hidup berdampingan denganmu. Mungkin, mereka pun terkena imbas dari pilihan hidupmu secara langsung maupun tidak langsung. Imbas perasaan misalnya? Hehe...


Kamu juga tidak bisa menutup mata dan mulut semua orang yang ada di dalam hidupmu. Kamu tidak bisa mengontrol apa yang mereka lihat, pikirkan, dan ucapkan. Nanti malah kamu balik diserang, “Ini mulutku, suka-suka aku mau ngomong apa!” –kan nggak enak ya kalo jadi saling serang kayak gitu.


So, apa yang bisa kamu lakukan? #TemaniTeman



Anggap saja segala komentar dan cuap-cuap orang lain tentang dirimu sebagai sebuah perhatian. Sejauh mana mereka mengomentari hidupmu, sejauh itu pula mereka perhatian padamu. Dan benar, hidupmu tidak bergantung pada apa yang mereka ucapkan. Kamu bisa memilah mana ucapan mereka yang bisa dijadikan saran dan pesan untuk dirimu #SelaluBertumbuh. Tentunya, ucapan-ucapan yang tidak membuat dirimu berkembang, lebih baik diabaikan saja.


Berpikir bahwa hidupmu bukan urusan orang-orang di sekitarmu akan membuat dirimu menjadi sosok yang tertutup pada kritik dan saran pengembangan diri. Siapa tahu, di balik komentar-komentar itu memang benar ada hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk berproses menjadi diri yang lebih baik.


Kamu tidak bisa mengontrol semua orang, tetapi kamu bisa mengontrol pikiran dan perasaanmu dalam menerima segala stimulus dari orang lain. Fokus saja pada hal-hal yang bisa kamu kontrol. Oke?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All