• klik klas

Hidup Seperti Air Mengalir

Halo, Klikers dan Teman Baik!


Apakah ada di antara kamu yang memiliki prinsip untuk hidup seperti air mengalir? Biasanya, istilah ini digunakan oleh diri yang ingin hidup mengikuti arus saja dan membiarkan hidup membawanya ke mana pun, tanpa memiliki tujuan yang jelas.


Padahal, kalau kamu ingat kembali prinsip air mengalir, air itu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, loh! Kalau kamu mau hidupmu seperti air yang mengalir dan mengikuti arus, apakah itu artinya kamu mau hidup membawamu dari tempat tinggi ke tempat rendah?


Wah, kalau iya, masa kamu mau hidupnya turun terus kayak air mengalir?



Eh, tapi #TemaniTeman yakin, Klikers dan Teman Baik di sini tentu termasuk orang-orang yang memiliki tujuan. Sesimpel tujuan agar hidup bahagia, itu pun sebuah tujuan dan kamu nggak akan ngikutin arus yang justru membawamu ke kehidupan yang tidak bahagia. Iya, nggak?


Akan tetapi, hidup bahagia aja nggak cukup jadi tujuan. Soalnya, bahagia itu terlalu luas maknanya. Kalau tidak dispesifikkan, khawatirnya kamu jadi bingung ketika dihadapkan pada dua atau lebih pilihan jalan yang akan ditempuh menuju kebahagiaanmu.


Alangkah lebih baik jika definisi bahagiamu diperjelas. Apakah kamu bahagia ketika banyak uang? Atau bahagia ketika kuliah di perguruan tinggi ternama? Atau bahagia ketika bekerja di sebuah profesi? Atau apa?


Dengan memperjelas definisi dari kebahagiaan, tujuan hidupmu yang ingin dicapai pun lebih jelas. Pastikan ada ukuran yang bisa membuatmu menilai apakah tujuan itu sudah tercapai atau belum. Kayak kalo di sekolah kan ada KKM tiap mata pelajaran ya. Kalau nilainya lebih tinggi dari KKM, artinya kamu nggak perlu remidial.



Sama halnya seperti tujuan hidup. Kamu perlu menetapkan ukuran yang bisa menilai secara jelas ketercapaian tujuan hidupmu. Jangan hanya mengikuti arus hidup tanpa punya tujuan yang jelas. Yakinlah bahwa kamu bisa #SelaluBertumbuh dengan melangkah menuju tujuan yang jelas tergambar. Setidaknya, tujuan yang jelas dan terukur bisa memudahkanmu dalam mengambil keputusan saat ada dua atau lebih pilihan hidup yang hadir. Tentunya, kamu perlu memilih pilihan yang membuatmu lebih dekat ke tujuan hidup, kan?


So, yuk, lihat lagi tujuan hidupmu! Apakah sudah jelas terdefinisi, terukur, dan bisa dicapai dalam rentang waktu tertentu? Semoga setelah ini, kamu punya langkah jelas dan tidak hanya ikut arus seperti air mengalir, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All