• klik klas

Hidup Minimalis Tidak Sama Dengan Menyiksa Diri



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang sering banget ngeliatin kehidupan minimalis orang orang? Kayaknya seru banget yaa hidup minimalis, nggak punya barang banyak, nggak perlu repot ngikutin tren ini dan itu, baju nggak banyak warna warni, dan banyak manfaat lainya. Hidup sebagai seorang minimalis amat sangat menyenangkan bagi orang yang menikmatinya dan banyak juga manfaatnya, akan tetapi kita perlu ingat bahwa hidup minimalis tidak sama dengan menyiksa diri.


Hidup minimalis bukan berarti kita selalu memilih pilihan pilihan yang murah, minimalis memang identik dengan menghemat dan itu bagus. Akan tetapi Klikers dan Teman Baik, pengertian hidup minimalis itu nggak sesederhana itu. Jangan sampe kita berlindung dari kata minimalis tapi sebenarnya hanya sedang menutupi diri dari kata pelit.


Saking mengedepankan hidup minimalis kita jadi menomor duakan kenyamanan, padahal emang kita itu hidup di dunia lagi mau ngumpulin apa si? Ko hobi banget menyusahkan diri? Kita saking pelitnya tinggal di kosan yang jauh banget dari tempat kerja dan kurang nyaman tempatnya hanya karena biayanya lebih murah padahal dalam memilih tempat tinggal kita tidak hanya melihat aspek uang aja, ada values yang lain yang harus kita pikirkan juga.


Yuk bedain mana pelit dan mana mengirit. Jangan sampe kita tu seumur hidup mengedepankan hidup pelit sampe nggak bisa ngerasain jerih payah sendiri.



Saking minimalisnya kita memilih untuk nggak pernah beli baju, padahal baju kita sudah tidak enak dipandang, mungkin seringkali kita beralasan jika kita merasa nyaman dengan baju yang itu itu saja dan udah rusak, kenapa orang lain yang repot? Bukan, bukan begitu konsepnya Klikers dan Teman Baik, penampilan juga perlu kita perhatikan. Meskipun nilai seseorang tidak ditentukan dari apa yang dia pakai, tetapi mau nggak mau pertama kali yang dilihat ketika kita pertama ketemu yaa penampilan, jadi setidaknya jangan kusut kusut banget yaa Klikers dan Teman Baik, inget tolong bedain mana hidup minimalis mana hidup pelit yaa :)


Hidup minimalis juga bukan berarti nggak punya barang apapun di rumah jadi hobinya minjem sana sini, bukan begitu yaa konsepnya, kenapa kita harus merepotkan orang lain dengan meminjam jika sebenarnya kita mampu untuk membelinya?


Jadi yuk pelajari lagi bagaimana hidup minimalis yang benar, jangan sampe kebablasan dengan menyiksa diri :)


Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati





0 views0 comments

Recent Posts

See All