• klik klas

Hidup Itu BCD!

Klikers dan Teman Baik, pernah dengar frasa Life is BCD?


Kalau ada di antaramu yang ikut kelasnya Kak Fathur di webinar Klik Klas The New Me, pasti kamu sudah tahu maksud dari frasa itu. Nah, #TemaniTeman mau merangkum sedikit insight yang di dapat dari frasa tersebut.


Life is BCD, atau hidup adalah C di antara B dan D. Maksudnya apa?



Maksudnya, hidup adalah pilihan (Choices) di antara kelahiran (Birth) dan kematian (Death). Yap, hidup kamu, hidup kita semua sebenarnya adalah proses dari berbagai pilihan yang sudah kamu pilih dalam hidup. Apa yang terjadi di antara kelahiran hingga kematianmu adalah hasil dari segala pilihan-pilihan yang sudah kita pilih dalam hidup.


Jadi, hidup adalah tentang pilihan-pilihan dalam hidup.


Kamu selalu punya pilihan untuk menentukan jalan hidupmu. Meski Tuhan memang menggariskan takdir untuk setiap diri, manusia diberi kesempatan untuk selalu memilih. Memilih mau pakai baju apa, mau jalan ke kanan atau kiri, mau makan sate atau martabak, mau lanjut kuliah atau langsung nikah, dan segala pilihan lainnya.



Setiap detik dan menit, dirimu pasti selalu dihadapkan pada pilihan. Bahkan untuk tetap terpuruk dalam kesedihan atau bangkit dan membuat bahagiamu sendiri, itu pun pilihan yang diberikan oleh Tuhan.


Tinggal bagaimana dirimu memilih satu jalan atau beberapa jalan di antara semua pilihan-pilihan itu. Oleh karenanya, mungkin setiap diri ini seharusnya tidak punya peluang untuk saling menyalahkan orang lain karena setiap langkah yang kamu ambil sejatinya adalah hasil dari pilihanmu sendiri.


Okelah kalau kamu tidak suka dengan sikap orang lain atau merasa dia menyakitimu. Namun, kamu selalu punya pilihan untuk menerima, melepaskan, dan menemukan bahagiamu sendiri tanpa memikirkannya.


Konsekuensi dari setiap pilihan memang terkadang tidak selalu mudah untuk dijalankan. Namun, lagi-lagi, kamu punya pilihan untuk tetap tegar menjalani konsekuensi dari pilihanmu atau menyerah begitu saja.


Aku nggak punya pilihan karena keluargaku selalu menentukan jalan hidupku.



No, tidak begitu Klikers dan Teman Baik. Kamu selalu punya pilihan untuk bernegosiasi dan mengajukan pilihanmu sendiri jika kamu mau. Memilih untuk mengikuti keinginan keluarga atau berusaha memperjuangkan pilihanmu pun termasuk pilihan yang akan kamu pilih sendiri.


Kamu selalu punya pilihan dalam banyak hal. Maju atau mundur, Tuhan memberimu kesempatan untuk selalu memilih. So, dalam hidup yang berisi pilihan-pilihan di antara kelahiran dan kematian, kamu pun bisa memilih untuk #SelaluBertumbuh atau pasrah dengan keadaan begitu saja.


Membaca artikel ini sampai akhir pun termasuk pilihanmu, loh!


Selamat menjalani pilihan-pilihan hidup dan berteman dengan segala konsekuensinya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All