• klik klas

Hati-Hati Pekerjaan Mengambil Alih Hidupmu

Klikers dan Teman Baik, adakah di antara kalian yang mulai sibuk bekerja? Mungkin beberapa sudah mulai bekerja secara offline di kantor masing-masing. Namun, tidak sedikit juga yang bekerja secara online atau dengan sistem bergilir—sehari WFH, sehari WFO.


Selama pandemi yang mengharuskanmu bekerja dari rumah, tentu banyak hal yang bisa diambil pelajaran. Ada yang sekarang sudah mulai nyaman dengan sistem bekerja dari rumah dan enggan ketika harus kembali berangkat ke kantor. Ada pula yang semangat ketika bisa bekerja di kantor lagi.



Beberapa yang #TemaniTeman dengar, alasannya nggak jauh-jauh dari fleksibilitas dan kepastian jam kerja setiap harinya. Bagi yang senang dengan WFO mungkin berpikir bahwa jika datang ke kantor, pekerjaan akan selesai bersamaan dengan jam pulang. Tidak ada lagi tanggung jawab untuk merespons chat atau bekerja dan rapat hingga larut malam. Namun, kenyataannya masih banyak pula penerapan sistem giliran ini pun tidak membuat hidup bebas selepas jam pulang kantor


Bagi mereka yang bekerja secara WFH, ada juga yang nyaman karena WFH bisa disambi dengan kegiatan lain. Hanya saja, sering kali hal tersebut membuat diri tidak fokus dan otak bekerja terlalu keras karena multitasking. Tentunya, tidak semua orang mampu melakukan multitaskiHati-Hati Pekerjaan Mengambil Alih Hidupmung, kan?



Ketika jam kerja justru jadi semakin lewat dari yang seharusnya, nggak jarang kehidupan realitamu pun kurang mendapat perhatian. Panggilan atasan, harus menyelesaikan tugas, segala macam rapat, yang dilakukan tanpa pandang jam sudah sering terjadi selama masa pandemi. Hal ini tentu menyita perhatianmu dari kebutuhan dirimu untuk istirahat dan terbebas sejenak dari pekerjaan, ya.



Klikers dan Teman Baik, semoga kamu tidak lupa untuk mengatur jam kerja dengan lebih baik. Mengomunikasikan kebutuhan dan hak-hak atas diri ketika itu sulit didapatkan pada atasanmu mungkin tidak mudah. Namun, kamu perlu bisa menyeimbangkan hidupmu. Jangan sampai kehidupan pekerjaan menyita seluruh perhatian dan mengambil alih hidupmu hingga kamu lupa untuk memberi waktu bagi diri dan keluarga.


Kamu punya hak untuk #SelaluBertumbuh dan menjeda sejenak dari pekerjaan. Berikan waktu yang cukup untuk dirimu dari 24/7 waktu yang ada. Liburlah jika itu hari libur dan menjedalah jika kamu butuh jeda. Semoga sehat selalu dengan segala kesibukan dan pekerjaanmu, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All