• klik klas

Hati-Hati Istilah Toxic Parenting



Haloo Klikers dan Teman Baik, kamu ngerasa nggak sih semakin hari kita semakin disajikan dengan kata kata toxic, dikit dikit toxic, dikit dikit toxic, dari toxic postivity, toxic relationship, sampai toxic parenting. Sebenarnya ada baiknya karena membuat banyak manusia sadar jika berada dalam toxic, tapi ternyata jika kita tidak memahaminya dengan baik, bisa jadi kita dengan mudah menyebut semuanya dengan toxic padahal bisa jadi normal normal aja.


Jadi Klikers dan Teman Baik hati hati yaa dengan istilah toxic. Terutama toxic parenting. Kita nggak bisa dengan mudah bilang orang tua kita toxic hanya karena mereka berbeda keinginan dengan kita atau cara asuhnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena toxic parenting tidak sesederhana itu.


Aku yakin orang tua kita mau yang terbaik kok untuk anaknya tetapi memang terkadang caranya kurang tepat karena mungkin mereka nggak belajar tentang parenting, tapi aku yakin mereka kayak gitu karena ingin anaknya tumbuh dengan baik.

Akan tetapi jika kamu memang merasa orang tua kamu keterlaluan kamu bisa perlahan mengkomunikasikannya meskipun sulit, bagaimanapun bagi orang tua, kamu terlihat seperti anak kecil karena mereka mengurusumi dari sejak bayi, dari sejak kamu tidak tau apa apa, kadang banyak orang tua yang nggak sadar dan belum siap bahwa anaknya sudah besar dan bisa mengambil keputusanya sendiri.


Jadi, kita harus punya keahlian untuk bersabar dalam memahami orang tua kita. Jangan so pintar di depan mereka meskipun pendidikan kamu bisa jadi lebih tinggi dari pada mereka, mereka tetap orang tua kamu yang menginginkan hal hal terbaik untuk kamu.


Kamu juga perlu ingat jangan cepat menyebut mereka bahwa mereka adalah toxic parents, karena jika orang tua kamu tau anaknya menganggap mereka adalah toxic, pasti mereka sakit hati dan merasa sedih. Anak yang mereka rawat dari kecil, yang mereka sayang sayang dan mengurusinya sampai besar ternyata hanya menganggap mereka toxic. Padahal aku yakin perjuangan mereka sampe detik ini mengurusimu adalah perjalanan yang panjang dan mungkin juga berat.


Jadi Klikers dan Teman Baik, jika hari ini kamu belajar banyak parenting jangan sampai justru itu membawa kamu untuk menyalahkan orang tua kamu, mengapa aku dididik seperti ini kenapa nggak seperti itu, aku begini karena dulu orang tuaku mendidik aku salah dan nada nada menyalahkan lainya. Jika memang kamu menemukan ada yang salah dalam pengasuhan orang tuamu, cukuplah menjadi pelajaran agar kamu nanti tidak seperti itu dan jika memang ada luka yang belum sembuh dalam dirimu karena pengasuhan itu, kamu bisa mencari cara atau meminta tolong profesional untuk menyembuhkannya tanpa harus menyalahkan mereka.



Semangat yaa Klikers dan Teman Baik, ini nggak mudah tapi bisa kita usahakan.

Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All