• klik klas

Hati Hati Hustle Culture Perlahan Membunuhmu!



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang pas baca judul udah kayak baca iklan rokok? Tapi tenang ini kita nggak lagi mau bahas tentang bahaya rokok ko tapi tentang bahaya Hustle Culture. Eitts emang apa sih hustle culture itu? Kita simak dulu yaaa


Hustle Culture merupakan sebuah gaya hidup dimana seseorang merasa bahwa dirinya harus terus bekerja keras dan hanya meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat, dengan begitu ia dapat menganggap dirinya sukses. Beberapa orang menyebut gaya hidup ini dengan sebutan “gila kerja”


Nah hustle culture ini sekarang lagi ramai ni dikarenakan social media yang memperlihatkan ko orang lain produktif banget sampe bisa kerja di dua perusahaan bahkan tiga, bahkan sekarang anak sekolahpun sudah banyak mengikuti magang di perkantoran.



Sekilas kita lihat itu adalah hal baik yaaa, dari pada anak muda sibuk menonton drakor seharian mending anak muda produktif dengan gila kerja.


Eitsss tapi nggak gitu Klikers dan Teman Baik konsepnya, semangat kerja itu baik tapi nggak baik kalau udah mulai gila kerja sampai lupa istirahat dan nggak mendengarkan kebutuhan tubuh ditambah ngopi terus setiap hari dan tidak diimbangi makan makanan yang sehat, bergadang untuk dapat sebongkah berlian.


Mungkin untuk jangka waktu yang sebentar kita happy dengan gaya hidup itu, ngerasa diri sukses karena udah sibuk banget, ngerasa sukses karena uang banyak dan bisa beli ini dan itu tapi ternyata masih muda udah banyak penyakit, sendi udah mulai pada banyak minta diolesin Counterpain, setiap hari berteman dengan Tolak Angin dan nggak punya social life karena dari senin sampai minggu sampai senin lagi gila kerja.


Pada akhirnya membuat kita jadi burn out, stress karena ngerasa hidup ko gini gini aja, dari kesibukan pekerjaan satu ke pekerjaan satu lagi yang harus diselesaikan, hubungan sama keluarga jauh, mau curhat sama temen udah nggak ada temen deket lagi karena sibuk kerja, mau olahraga nggak punya waktu dan masih banyak kehilangan lainya.


Jadi Klikers dan Teman Baik, bekerja keras itu baik tapi tetap jangan lupa mendengar kebutuhan diri sendiri dan keluarga. Kunci sukses juga nggak selalu tentang sibuk dan punya uang yang banyak tapi punya keluarga yang harmonis, punya social life itu juga bisa jadi bagian kesuksesanmu.



Semangat yaaa semuanya, yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman.


Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

0 views0 comments

Recent Posts

See All