• klik klas

Hari Gini Masih Percaya Sama Zodiak?!

Halo Klikers dan Teman Baik, kamu pernah ga si denger orang ngomong kayak gini :

“Aku itu orangnya gengsian, soalnya aku cancer.”

“Fix emang sagitarius banget, susah move on.”

“Aku tuh Libra, jadi aku kalau mau apa-apa tu harus dapet.”

“Capricorn banget nih, sesuatu yang terlihat mudah aja jadi ribet”

Dan masih banyak lagi~

Sebenarnya kamu tau ga si? Sampe hari ini ga ada satupun penelitian ilmiah yang menunjukan ada hubungan antara kepribadian sama zodiak, apalagi ramalan. Kalau percaya ramalan kita udah tau lah ya itu tuh dosa, bahkan bisa dibilang itu udah termasuk perbuatan syirik untuk yang beragama Islam.

"Terus gimana dong kalau percaya kepribadian berdasarkan zodiak? Soalnya emang rata rata yang dibilang itu bener, temen-temenku juga bener kayak gitu."

Coba dibayangin ya, di dunia ini ada kurang lebih 7,7 miliar manusia dan sangat logis ketika orang yang zodiaknya sama, sifatnya juga sama. Coba bayangin misal “orang gengsian” Orang gengsian itu banyaaaaaak banget, ga cuman cancer, libra, siapapun bisa tumbuh menjadi orang yang gengsian.

Begitu pun sifat-sifat lainnya seperti orang tulus, ngambekan, cengeng, dan lain sebagainya.


Kita bisa lihat teori seorang psikolog bernama Bertam R. Forer yang ngomongin tentang fenomena ini yaitu Barnum Effect. Barnum Effect adalah fenomena psikologis yang terjadi saat seorang percaya tentang deskripsi terhadap diri mereka sendiri yang sebenarnya deskripsi tersebut juga berlaku untuk orang lain.


Nah ini membuat kita sering percaya dengan penjelasan zodiak, jadi ketika kita dihadapkan pada penjelasan tentang kepribadian, otak kita akan mencari dan mengaitkan penjelasan itu dengan apa yang kita rasakan. Lalu kita percayai.


Padahal sifat dan kepribadian itu banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari biologis, fisik, keluarga, sosial budaya bahkan lingkungan sekitar. So,jangan terlalu terobsesi sama zodiak yuk! Apalagi hanya menjadi pembenaran ketika kita tau sifat itu adalah hal buruk buat kita tapi kita berdalih “aku kan libra, jadi aku gabisa kayak gitu.”

Atau mengambil keputusan hanya karena zodiak.

“Aku gabisa kerja sama bareng kamu, soalnya kamu libra.”


Kalau kita terus terusan seperti itu justru akan membatasimu dan lambat dalam berproses menjalani hidup yang perlu banyak diekplorasi ini.


Semoga bermanfaat ya klikers dan teman baik...

2 views0 comments

Recent Posts

See All