• klik klas

Gunakan PLAN Agar Terhindar Dari Bullying


Hai, Klikers dan Teman Baik.

Tentu tidak ada yang ingin menjadi korban dari perundungan alias bullying. Menghindari para perundung saja tidak akan membuatmu selalu bebas. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memperkecil peluang dirimu dijadikan sasaran bullying.


Hal-hal ini #TemaniTeman ambil dari sebuah buku berjudul “Bully Aja, I Don’t Care” oleh Dwi Sutarjantono. Nah, apa saja yang termasuk dalam PLAN?



- Pal Up – Tambah Teman

Biasanya, para perundung akan menyasar orang yang selalu sendiri dan terlihat tidak punya teman. Mereka menyasar orang yang sendiri karena menurut mereka akan lebih mudah menaklukkan yang sendirian daripada yang punya geng atau teman banyak.


Oleh karena itu, belajarlah untuk terus bersosialisasi dan menambah teman bergaulmu. Tentunya, bertemanlah dengan orang-orang yang baik, ya. Jangan malah jadi berteman dengan para perundung hanya agar tidak dijadikan sasaran. Berteman dengan orang yang baik dapat membantumu #SelaluBertumbuh dan menjadi versi terbaikmu setiap harinya.


- Let an Adult Know – Biarkan orang dewasa tahu

Jika kamu sudah mencium gelagat aneh atau merasa ada hal yang mengancam dan kemungkinan menjadikanmu korban perundungan, alangkah lebih baik bicarakan pada orang dewasa yang kamu percayai. Misalnya, pada orang tua atau guru. Membiarkan orang dewasa mengetahui situasimu bisa membuatmu merasa aman dan tahu ke mana harus meminta bantuan jika hal terburuk terjadi.


- Avoid Hot Spots – Hindari tempat berbahaya

Para perundung biasanya memiliki tempat-tempat khusus yang dijadikan sebagai markas untuk merundung seseorang. Oleh karena itu, coba kenali tempat-tempat rawan di sekitar dan jauhi tempat-tempat sepi serta berbahaya.


- Notice Your Surrounding – Peka dengan sekitar

Tetap peka dan perhatikan sekitar. Menjaga kewaspadaan tentu akan membuatmu lebih siap menghadapi situasi apa pun yang akan terjadi.



Dengan PLAN dan merencanakan kehidupan sosial serta lingkunganmu, #TemaniTeman sangat berharap agar tidak ada di antara Klikers dan Teman Baik yang menjadi korban bullying. Tentunya, jangan sampai juga kamu yang menjadi pelaku dari bullying, ya.

Mari kita hidup aman dan nyaman bersama tanpa harus menyakiti satu sama lain, baik secara langsung di pergaulan nyata, maupun di dunia maya.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All