• klik klas

Gengsi Dulu Kasih Makan, Bayar Hutang Belakangan



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di di sini yang punya teman gengsi selangit tapi ekonomi sulit? Coba spill temanya! Eh nggak deng nggak usah, aib orang lain ditutup aja ya guys.


Klikers dan Teman Baik, meskipun ada orang orang yang banyak gaya tapi ekonominya sulit semoga kita nggak ikut ikutan kayak gitu yaaa, udah jangan terlalu ngasih ego gengsi kita apalagi dengan cara berhutang. Bergayalah semampu yang kita bisa. Jika memang kita mau beli barang barang mewah bersabarlah, nanti juga ada waktunya kita bisa beli ko asalkan mau berusaha.


Klikers dan Teman Baik, kalian nyadar nggak sih semakin mudahnya hari ini kita diberi fasilitas untuk berhutang, akibatnya bukan memudahkan orang orang untuk melanjutkan kehidupanya tapi malah mendorong orang untuk ngasih makan gengsinya. Banyak orang terjebak pinjaman online sampai belasan juta bahkan puluhan juta hanya untuk buat gaya. Tas branded, iphone terbaru, makan di restaurant fancy.


Banyak hari ini yang sadar dia tidak mampu untuk membeli barang yang dia mau tapi dia memaksakan diri membelinya dengan melakukan pinjaman online hanya untuk ngasih makan gengsinya.


Klikers dan Teman Baik, kita harus sadar bahwa manusia fitrahnya memang tidak pernah puas dengan apa yang sudah mereka punya. Kalau hari ini kamu berani untuk memanfaatkan pinjaman online satu juta hanya untuk ngasih makan gengsi. Bisa jadi esok atau lusa kamu meminjam sepuluh juta untuk memuaskan diri kamu.


Apalagi semakin kamu ngasih makan gengsi kamu, gengsi itu akan semakin membesar lagi dan semakin butuh untuk dikasih makan.


Jadi, teruntuk kamu yang sekarang kayak gituu. Yuk kita hentikan. Aku percaya ko yang baca artikel ini nggak kayak gitu, tapi siapa tau ada yang rasanya udah punya keinginan ngasih makan gengsi tapi sebenarnya belum punya uangnya jadi niat untuk berhutang dulu entah sama orang lain atau sama pinjaman online.


Klikers dan Teman Baik, lebih baik jika kamu memang menginginkan sesuatu yang itu mahal, bilang ke diri sendiri agar lebih mau untuk bekerja keras agar bisa membeli apapun yang diinginkan tanpa harus berhutang.


Berhutang itu boleh, yang nggak boleh berhutang hanya karena untuk ngasih makan gengsi.


Semangat guys, aku yakin kamu nggak begitu.



Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All