• klik klas

Dua Langkah Awal Mendapat Banyak Teman

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Sudah hampir dua tahun hidup ini sibuk dengan hal-hal berbau online. Sekolah online, kerja online, bahkan mendapatkan teman pun harus lewat online. Nggak sedikit yang akhirnya jadi khawatir tidak bisa bergaul ketika semua yang biasa online berubah menjadi offline atau tatap muka lagi. Gosip-gosipnya, sih, tahun depan semuanya sudah mulai tatap muka lagi, ya. Apa kamu termasuk yang khawatir menghadapi kehidupan offline?

Kebanyakan hal yang ditakuti adalah perihal kemampuan bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Selama ini, berkenalan secara online sudah menjadi biasa dan membuat diri nyaman karena tidak perlu malu-malu bertatap muka atau bicara langsung untuk kenalan. Hal ini membuat beberapa di antara Klikers dan Teman Baik memikirkan apa yang harus dilakukan ketika pergaulan tatap muka itu kembali hadir?

Tenang, #TemaniTeman punya dua langkah awal untuk mendapat banyak teman. Terutama untuk kamu yang khawatir banget nggak bisa bergaul atau mendapatkan circle pertemanan saat kegiatan tatap muka mulai berlangsung. Apa aja langkahnya?

1. Observasi

Buat kamu yang ragu-ragu untuk memulai, cobalah untuk mengobservasi lingkungan dulu. Lihat bagaimana orang lain berinteraksi, lihat siapa saja yang bisa kamu ajak bicara nanti, dan lihat bagaimana respons orang-orang saat mereka berinteraksi.


Kamu tidak harus langsung SKSD (sok kenal sok deket) jika memang belum bisa memberanikan diri. Tidak ada salahnya melakukan observasi agar kamu lebih siap dalam menerima dan memberi respons pada orang lain.


2 Berani Membuka Diri

Nah, observasi saja tidak cukup untuk membuatmu mendapatkan teman. Tentunya, kamu perlu untuk memberanikan diri berbicara dan berkenalan dengan mereka. Gunakan hasil dari observasimu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau bahkan mungkin asing bagimu.


Keberanian ini perlu dipupuk, tapi juga perlu untuk direalisasikan. Meski setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk menumbuhkan keberanian membuka dan mengenalkan diri, jangan sampai kamu terlalu lama menyusun keberanian hingga tak ada aksi sama sekali, ya!

Dua hal itu bisa menjadi awalan bagimu untuk menemukan teman baru dan memperbanyak teman. Observasi bisa membuatmu mengetahui cara yang tepat berbaur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di samping itu, memberanikan diri untuk lebih terbuka membuat orang lain bisa menyadari kehadiranmu. Kalau observasi saja tanpa membuka diri, bagaimana orang lain bisa tahu kamu ada di sana?


Semoga dua cara awal ini bisa kamu latih agar kamu #SelaluBertumbuh ya! Manusia tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, memiliki teman menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup kita.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All