• klik klas

Dirimu Bukanlah Pemuas Penilaian Orang

“Kamu harusnya gini biar jadi lebih pinter.”


“Eh, kenapa nggak pakai baju ini aja? Kamu jadi lebih cantik kalo pakai ini, lho. Jangan pakai baju yang kamu pilih itu!”


“Jangan kerja jadi itu. Sayang gelarmu sudah tinggi gitu. Mending kerja di bidang ini aja, pasti kamu lebih oke.”


---

Pernah mendapatkan saran atau keharusan-keharusan seperti di atas yang membuatmu jadi meragukan diri dan kemampuanmu sendiri?



Memang, ya, lingkungan sosial terkadang menjadi penyebab terbesar turunnya rasa percaya dirimu terhadap segala hal yang kamu pilih. Omongan-omongan orang membuatmu berpikir kiranya pilihanmu sudah benar atau belum? Apa yang akan mereka katakan jika kamu pilih ini? Apakah kamu benar-benar jelek jika mengeksekusi pilihanmu?


Ah, rasanya pikiran ruwet sekali jika harus terus mendengarkan dan memasukkan omongan orang dalam diri. Padahal, kamulah yang memiliki hak untuk memilih jalan hidupmu dan kamu bukanlah pemuas dari keinginan orang lain. Tentunya, pastikan pilihanmu tidak menyimpang dari norma agama yang kamu anut, ya.


Lantas, apa yang perlu dilakukan jika omongan dari orang lain terus mengusik pikiran dan perasaan?



Kamu punya pilihan, kok, untuk menyaring segala saran dan ujaran yang akan kamu terima. Jika memang ada saran yang positif, tidak ada salahnya diterima untuk membuatmu #SelaluBertumbuh. Akan tetapi, jika dengan saran yang ada justru membuatmu meragukan diri sendiri, sepertinya kamu perlu bertanya pada hatimu.


Dan tentunya, tetaplah percaya diri dengan apa pun pilihanmu selama kamu memiliki alasan kuat di balik pilihan itu. Mungkin, orang lain tidak akan serta merta memahami alasan dan pilihanmu. But, it’s your life. Keputusan ada di tangan kamu dan kamu boleh loh memilih untuk tidak menjadi pemuas keinginan orang lain jika itu memang membuatmu tertekan dan kehilangan diri sendiri.



Hal ini tentu lebih mudah dilakukan jika kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan utuh dan penuh. Kalau kamu sendiri belum tahu apa yang kamu suka, inginkan, atau tuju dalam hidup, akan sulit mengambil keputusan dan langkah di saat banyak masukan hadir dari lingkungan.


Maka, mulailah mengenal dirimu sendiri dan tetaplah percaya diri pada segala keputusanmu. Semoga #TemaniTeman bisa terus menjadi kawan dalam prosesmu mengenal diri sendiri, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All