• klik klas

Di Balik Basa Basi Keluarga, Ada Apa Ya?

Siapa yang deg-degan tiap kumpul keluarga? Hayo ngakuuu! Sepertinya hampIr semua orang merasakan hal yang sama ya. Waktu kumpul keluarga besar ibarat momen siding skripsi, memacu adrenalin banget. Bukan orang-orangnya, tapi pertanyaannya itu lho yang bikin kadang mati gaya dan bingung mau dijawab apa.

Buat Klikers dan Teman Baik yang penasaran, kenapa sih budaya bertanya hal personal ini turun temurun dan awet banget, #TemaniTeman akan menjelaskan fenomena ini.


Jadi, basa basi dalam keluarga ini sebenarnya adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk lebih dekat, lebih kenal, lebih mengetahui progres hidup, yang selama ini tidak semua keluarga tau. Sayangnya, terkadang pertanyaan yang dilontarkan kurang netral sehingga menyebabkan rasa tersinggung atau tidak nyaman.

Wajar apabila kamu risih dan tidak suka dengan momen ini. Walaupun begitu, yang perlu kamu pahami adalah mereka ini bertanya hanya sebatas ingin tau. Apa mungkin kamu bertemu dengan sanak keluarga jauh lalu dia bertanya tentang kerjaanmu? Pasti aneh karena pasti terlintas memangnya paman tau apa tentang kerjaanku hahaha sepertinya terlalu dalam kalau pertanyaannya seperti itu. Alhasil yang bisa ditanyakan adalah seputar keseharian.

Basa basi sebetulnya banyak manfaatnya lho. Sebagai bagian dari keluarga, basi basi membantu mencairkan suasana agar tidak bingung topik apa yang sebaiknya diangkat dalam pembicaraan keluarga. Ini sebagai awalan saja, perkara nanti kamu ingin berdiskusi lebih lanjut tentang pandemi, politik, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya silakan saja.


Uniknya, basa basi merupakan cara orang untuk memelihara hubungan kekerabatan. Nah, supaya kamu dapat menghadapi pertemuan keluarga besar dengan bijaksana, kamu perlu melakukan bas abasi versimu sendiri! Kalau yang lain bertanya seputar hal pribadi, kamu bisa mulai dengan bertanya hobi. Orang itu cenderung senang lho kalau dikulik cerita hidupnya dari apa yang dia sukai.

Bagaimana Klikers dan Teman Baik, sudah siap untuk #SelaluBertumbuh melalui hal-hal sederhana? Ingat ya, mainkan kretivitasmu dalam membangun komunikasi yang baik di dalam keluarga. Hikmahnya mesti langsung saat itu juga, tapi suatu saat nanti basa basimu akan berguna di konteks kehidupanmu yang lain 😊



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

1 view0 comments

Recent Posts

See All