• klik klas

Curhat di Masa Pandemi Lewat Telecounseling

Bagaimana kabarmu Klikers dan Teman Baik? Semoga kamu dalam keadaan yang sehat ya, baik secara fisik, mental, dan juga finansial.


Berbicara tentang kesehatan, hal apa yang sudah kamu lakukan untuk merawat diri? Sudahkah kamu minum vitamin, olahraga, makan makanan sehat, atau ngobrol dengan orang-orang terdekat?

Di masa pandemi ini, kesehatan menjadi faktor esensial yang perlu kita jaga lho. Termasuk juga dengan kesehatan mental. Permasalahan stres dan depresi meningkat pesat selama pandemi ini.


Banyak orang diberhentikan dari pekerjaan, banyak orangtua kesulitan mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah, banyak tenaga pengajar terkendala menggunakan zoom, google meets, webex, dan media daring lain untuk mengajar.


Berbagai problematika sehari-hari mulai muncul ke permukaan. Tentu hal ini telah memicu kecemasan dan kelelahan mental.

Tidak sedikit orang yang bingung, “aku harus bagaimana ya… Tidak apa jika kamu belum bisa menuntaskan kebingunganmu sendiri, kamu adalah makhluk sosial yang butuh orang lain juga. Sayangnya, pandemi ini membuat kita berjarak dulu dengan orang lain…

Nah, kabar baiknya adalah kecanggihan teknologi dapat membantu memberi solusinya!

Kamu tetap bisa berkeluh kesah dengan profesional seperti psikolog secara daring. Istilah populerlnya Telecounseling.


Melalui platform kesehatan mental yang beredar luas di media sosial, kamu bisa temukan layanan konseling beserta pilihan psikolog yang tersedia dengan mudah. Kamu hanya perlu kuota, gadget, dan waktu!


Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Salah satu penyedia konsultasi psikologi daring adalah Klik.Klas (@Klik.Klas). Tidak ada salahnya kamu mencoba.


Berkeluh kesah, bukan berarti lemah. Namun, ini adalah bentuk kamu mau mendengarkan dirimu sendiri, kamu mau mencari tahu solusi apa yang terbaik dengan bantuan orang lain, dan kedepannya kamu akan terdorong untuk mengevaluasi diri jika suatu hari nanti kamu berada di kondisi yang tidak nyaman dan butuh ketenangan.


Nilai positifnya, jika temanmu ada yang memiliki perasaan yang sama seperti saat kamu down, maka kamu bisa #TemaniTeman dan bantu dia keluar dari masalahnya.

Curhat sama orang lain mungkin kurang greget ya kalau nggak ketemu secara langsung. Tapi kelebihan dari konsultasi daring ini kamu jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah dan secara psikis akan meminimalisir rasa grogi saat bercerita.


Tele konseling ada untuk membantumu agar #SelaluBertumbuh dengan tenang dalam kondisi apapun. Apabila kamu belum membutuhkan bantuan profesional ini, kamu bisa bagikan ke saudara, sahabat, dan orang lain yang sekiranya membutuhkan informasi ini ya!



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

2 views0 comments

Recent Posts

See All