• klik klas

Coba Kenali Kamu Pembelajar Tipe Apa!

Klikers dan Teman Baik, apakah kamu pernah mendengar tentang tiga tipe gaya belajar? Sebenarnya tiga gaya belajar ini mungkin sudah sering dibahas di berbagai artikel. Namun, tidak ada salahnya #TemaniTeman kembali mengenalkan dan mengingatkan, barangkali ada di antaramu yang lupa dengan tiga gaya belajar ini.

Apa saja sih?



1. Visual

Pembelajar tipe visual lebih senang belajar dengan bahan-bahan yang penuh gambar dan warna. Hal ini dikarenakan ia perlu memenuhi kebutuhan visualnya yang merindukan berbagai ilustrasi, gambar, dan warna-warni yang menarik. Ia akan lebih mudah menangkap informasi lewat gambar, diagram, dan berbagai tayangan visual.


Simpelnya, tipe visual ini kayak orang yang kudu liat tampilannya menarik atau enggak sebelum akhirnya bisa tune in dan fokus dalam proses belajarnya. Apa kamu termasuk di dalam tipe ini?



2. Auditori

Pembelajar tipe auditori ini lebih mengandalkan indra pendengaran. Ia senang belajar dengan mendengarkan—suara sendiri, suara orang lain, atau menyibukkan indra pendengarannya dengan musik. Telinganya lebih sensitif dalam menangkap berbagai informasi di sekitanya.


Mungkin di antara kamu ada yang suka belajar dengan menyetel musik, ada pula yang tidak. Perbedaan ini pun bisa disebabkan oleh perbedaan kebiasaan. Ada yang perlu menyetel lagu untuk memenuhi kebutuhan dan menyibukkan indra pendengarannya akan suara supaya pikiran bisa fokus belajar. Ada pula yang harus belajar dalam situasi hening, dengan suaranya sendiri, dan mudah terdistraksi dengan suara lain.



3. Kinestetik

Pembelajar tipe kinestetik ini adalah mereka yang nggak bisa diem. Kalau harus belajar dengan duduk aja, pasti kaki, tangan, atau bahkan tubuhnya sering bergerak dan berganti posisi. Hal ini disebabkan pembelajar tipe ini lebih suka dengan aktivitas fisik yang membuatnya merasakan pengalaman langsung.


Kalau kamu suka dengan aktivitas langsung, eksperimen di lab, atau berbagai aktivitas selain duduk dan mengerjakan soal saja, mungkin kamu termasuk dalam tipe kinestetik. Lihat saja apakah tubuhmu bisa diam dalam waktu lama ketika membaca artikel ini. Hehehe...


Apakah satu orang hanya punya satu gaya belajar?



Oh, tentu tidak, ya. Tiga gaya belajar ini pasti ada dalam dirimu, tetapi kamu mungkin punya kecenderungan di salah satunya. Ketiga tipe belajar ini perlu dikenali supaya kamu pun bisa menentukan langkah agar bisa belajar dengan efektif dan maksimal.

Kamu bisa mengombinasikan ketiga gaya belajar ini sesuai dengan kebutuhanmu. Tentunya, jangan heran jika kamu menemukan ketidakcocokan saat mencari cara belajar yang pas. Semua butuh trial-error agar kamu bisa menemukan cara belajar paling tepat untukmu karena tidak semua cara bisa tepat untuk semua orang.

Selamat menganalisis gaya belajarmu! Semoga kamu #SelaluBertumbuh, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

4 views0 comments

Recent Posts

See All