• klik klas

Cari Waktu Sebentar Untuk Tidur Siang



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang setiap hari kerjaanya sangat menumpuk sampe lupa untuk beristirahat? Eh biasanya kalian kalau istirahat siang ngapain aja sih? Kamu tau nggak bahwa tidur siang itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita? Okee mungkin tips ini nggak bisa dilakuin semua orang yaaa karena memang ada yang nggak punya waktu untuk tidur siang, tapi untuk kamu yang punya waktu tidur siang cobain deh tidur siang tapi jangan lama lama sampe satu jam karena kita bukan anak kecil yaa tapi cukup 15 menit untuk mengembalikan energi disaat banyak aktivitas yang harus kita lakukan dan kita bisa melakukanya di mana aja, nggak perlu di kasur hehe


Jadi Klikers dan Teman Baik tau nggak sih tidur siang yang 15 menit itu meskipun waktunya sebentar tapi banyak manfaatnya yaitui baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bisa bermanfaat untuk menambah daya ingat loh Klikers dan Teman Baik, keren kan? Nah jadi cobain deh belajar setelah tidur siang. Misal kamu pagi udah belajar seharian kamu tidur siang deh sebentar nah baru belajar lagi. Cara kayak gini mampu membuat kamu lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang pun dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia. Tidur siang juga bisa menurunkan tekanan darah loh, nah kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, stres dan kelelahan bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.



Hayoo siapa di sini yang sering stress? Nah yuk tidur siang. Tidur siang dipercayai bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.


Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Manfaat lainya ternyata tidur siang juga bisa menambah tidur yang kurang mungkin di antara kamu ada yang kerjanya sampe harus larut malam, nah kamu bisa tidur siang, meskipun sebenarnya manfaat tidur malam tidak akan bisa tergantikan dengan tidur siang karena tidur malam tetap dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi jika memang bekerja sampai larut malam tetap tidak bisa dihindari kamu bisa menambah jam tidur kamu dengan tidur siang :)


Jadi, siapa nih yang mulai sekarang mau tidur siang?



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All