• klik klas

Buka Percakapan Dengan Stranger Nggak Selalu Buruk, Loh!

Dari pembatasan sosial berskala besar yang menghambatmu untuk keluar rumah, hingga kehidupan normal baru saat ini mungkin sudah mengubah banyak hal dalam hidup. Salah satunya, kemampuan bersosialisasi diri.


Mungkin ada yang bilang kalau sejak pandemi, banyak yang tadinya ekstrovert, malah jadi introvert. Nyatanya, bukan seperti itu yang Klikers dan Teman Baik. Sepertinya yang dimaksud adalah banyak yang tadinya senang bersosialisasi sekarang jadi males dan nggak tahu bagaimana caranya membuka percakapan ke circle pertemanan. Kelamaan mendekam di rumah juga bisa menurunkan kemampuan komunikasimu.



So, #TemaniTeman mau ngajakin kamu buat mulai belajar bersosialisasi lagi sebelum akhirnya benar-benar menghadapi hidup berdampingan dengan pandemi. Salah satunya, mungkin kamu bisa mencoba ajak ngobrol stranger yang kamu temui di angkutan umum atau paling deket, yang ketemu di warung deket rumah, hehehe...


Membuka percakapan dengan stranger atau orang asing, nyatanya nggak selalu buruk. Ya, walaupun dalam prosesnya, kamu pun perlu pilah-pilih ya, jangan sampai ngajak ngobrol orang-orang yang mengundang bahaya dalam dirimu. Untuk hal ini, kamu yang perlu peka dengan orang asing yang mengobrol denganmu. Utamakan kewaspadaan dan kehati-hatian juga, ya!


Gimana caranya buka percakapan?



Tentunya, hal ini diperlukan keberanian dari dirimu. Keberanian untuk bertanya dan berbasa-basi, seperti tanya kabar, tanya tujuannya saat itu, atau sekadar nyeletuk soal informasi ter-update yang kamu tahu. Memang, memulai percakapan dengan orang asing akan menimbulkan respons penolakan. Namun, tidak jarang juga yang akhirnya mendapatkan teman seperjalanan, sehobi, atau sekadar berbagi kegelisahan.


Mulai buka percakapan dengan orang-orang yang sering kamu temui di sekitar rumah juga bisa, loh. Ke tetangga, tukang sayur, tukang bensin eceran, atau abang jajanan pinggir jalan. Dengan sedikit demi sedikit melatih kemampuan komunikasimu lagi, kamu bisa #SelaluBertumbuh dan semakin siap menghadapi kehidupan normal baru.



Sebentar lagi, beberapa akses sekolah, kuliah, dan pekerjaan sudah mulai menerapkan sistem tatap muka. Sudah tidak lagi belajar atau bekerja online. Nah, karena itulah, skill bersosialisasi perlu diasah lagi supaya kamu nggak kaku dan awkward saat memulai tatap muka di sekolah, kampus, atau kantor.


So, siap mencoba tantangan membuka percakapan dengan stranger?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All