• klik klas

Berpikir Sebelum Menentukan Pilihan Hidup


Haloo Klikers dan Teman baik, apa cita cita kamu dulu? Jadi dokter? Jadi pengusaha? Atau jadi presiden? Ngerasa nggak sih setelah kita dewasa rasanya semua itu perlahan purna bahkan kadang kita nggak tau maunya jadi apa karena kita sadar ternyata hidup nggak semudah itu.


Dalam menentukan pilihan hidup di era sekarang, sadar nggak sadar pasti social media banyak mempengaruhi tujuan hidup kita yaa, akan bahaya ketika kita tidak punya kemampuan untuk berpikir kritis, jadi apapun kita serap termasuk pilihan hidup.


Aku jadi ingat dulu ketika SMP atau SMA, aku pengen banget jadi pengusaha bahkan aku bertekad aku nggak mau jadi pegawai berapapun gajinya, saat itu buku yang aku baca tentang entrepreneur, tweet tweet yang aku retweet seputar tentang pengusaha, facebook tentang pengusaha, artikel artikel ku baca tentang pengusaha muda, aku punya keinginan kuat untuk menjadi pengusaha. Saat itu social media berpengaruh besar membuatku semakin menggebu menjadi pengusaha. Akhirnya karena di otak aku hanya tentang pengusaha, aku menganggap rendah orang orang yang memilih jalan hidup menjadi karyawan, bahkan aku aneh kala itu ketika orang ditanya dan jawabanya adalah pegawai kantoran. Meskipun aku nggak bilang secara langsung hanya dalam hati “kok ada ya orang mau jadi pegawai?”


Aku berpikir saat itu gaji sebesar apapun kita tetap menjadi bawahan, mending kita menjadi bos di perusahaan sendiri, dari pada kita menjalankan mimpi orang lain di perusahaan, mending kita mewujudkan mimpi sendiri dengan berdagang.

Padahal, setelah aku tumbuh dewasa dan membaca banyak buku dan mencoba untuk berpikir kritis ternyata ada yang salah dari pikiranku beberapa tahun yang lalu, sebenarnya tidak ada profesi yang lebih rendah, menjadi karyawan itu tidak apa apa jika kita suka menjalankannya, yang salah adalah ketika kita memilih jalan hidup menjadi pengusaha tapi merendahkan orang lain yang memilih menjadi karyawan atau sebaliknya ketika kita memilih jadi karyawan tapi merendahkan pilihan orang lain yang susah payah menjadi pengusaha meskipun usahanya tidak banyak progress.


Semua orang itu punya pilihan, biarkan orang lain tenang dan bahagia dengan pilihanya. Dalam memilih sebuah pilihan kita juga nggak bisa hanya melihat dari sudut pandang, kita harus bisa berpikir lebih dalam lagi, berpikir lebih kritis, melihat lebih jauh apa yang sebenarnya kita pilih.


Jangan sampe sebenarnya kita hanya menggebu tapi menggebu yang sesaat karena dipengaruhi social media dan terakhir jangan pernah merendahkan pilihan orang lain yang kamu kira pilihanya tidak lebih baik dari kamu.

Pada akhirnya kita tidak pernah bisa mengukur siapa yang paling tepat dalam memilih karena tepat atau tidaknya pilihan hanya diri kita sendiri yang bisa merasakan.


Akhir kata, jangan lupa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


1 view0 comments

Recent Posts

See All