• klik klas

Beristirahat Sebelum Lelah dan Cemas

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Pernah dengar ungkapan, makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang?


Nah, sama halnya seperti beristirahat. Ada baiknya, kamu beristirahat sebelum benar-benar lelah dan kembali bekerja sebelum terlalu asyik beristirahat. Mengapa hal ini perlu dilakukan?


Kalau kamu menunggu badanmu benar-benar terasa lelah, artinya kamu menumpuk kelelahan itu hingga menjadi bukit. Bayangin, deh. Kamu tahu kalau kamu sudah lelah, tapi merasa belum selelah itu untuk memilih beristirahat. Kelelahan-kelelahan kecil itu menumpuk dan semakin menumpuk hingga tanpa sadari, kamu menimbun rasa sakit yang banyak di tubuhmu.


Pegel-pegel, pusing, hingga burnout.



Duh, kalau sudah sampai seperti itu, rasanya beristirahat sebentar akan selalu kurang. Kalo kurang istirahat, emosi dan pikiranmu pun bisa terpengaruh. Kamu bisa jadi tidak tenang dan mudah cemas terhadap hal-hal kecil.


Klikers dan Teman Baik, mungkin kegiatan selama pandemi terasa tidak terlalu melelahkan karena tidak ada aktivitas fisik yang berarti. Mungkin kamu hanya perlu duduk, atau tiduran sambil mengikuti kuliah dan rapat online sehingga kamu merasa, ah, ini mah nggak bikin capek.


Eits, tapi jangan salah. Nyatanya, kalau otakmu bekerja dan terus menerus berpikir, energimu pun akan terkuras. Meski kamu duduk dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik, kegiatan berpikir dan menyelesaikan masalah sudah menguras energimu. Lama kelamaan, kamu akan merasa lemas dan tidak konsentrasi walaupun fisikmu hanya diam.



Oleh karena itu, jangan sepelekan kegiatan-kegiatan harian yang kamu lakukan. Jika kamu harus berada di depan layar komputer, laptop, atau ponsel karena sekolah dan pekerjaan, jangan tunggu matamu benar-benar sepet dan lelah untuk beristirahat. Beri batas waktu untuk sejenak mengistirahatkan diri. Misalnya, setiap 2 jam, kamu istirahat 30 menit, lalu lanjut lagi. Atau, kamu bisa atur batasan waktu sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.


Tentunya, sekali lagi, jangan tunggu tubuhmu nge-drop dulu baru meluangkan waktu untuk istirahat. Memang pekerjaan dan tugas akan terus datang dan menghantui. Bahkan mungkin kamu tidak tenang beristirahat karena tugas-tugasmu belum selesai. Akan tetapi, jika kamu kelelahan, kamu pun tidak bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawabmu dengan maksimal.


So, untuk bisa #SelaluBertumbuh dan memiliki stamina yang baik, cobalah belajar meluangkan waktu untuk beristirahat sebelum benar-benar lelah. Tubuh dan pikiranmu punya hak untuk diistirahatkan sebelum kembali bekerja dalam waktu yang lama. Sering-sering peregangan juga, ya, biar otot-ototmu tidak kaku dan sakit :D

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All