• klik klas

Berani Berperilaku Jujur Dalam Berbagai Situasi


Haloo Klikers dan Teman Baik, kamu dulu pernah nggak sih merasakan di sekolah, kamu nggak nyontek atau kerja sama bareng temen kamu pas ujian tapi malah kamu dianggap so pinter dan malah dijauhi dan dibully? Kalau kamu pernah, kamu ada di artikel yang tepat.


Ternyata setelah aku bertanya kebanyak orang di instagram banyak loh yang dulunya dijauhi teman temanya bahkan satu kelas karena dia tidak ingin bekerja sama ketika ujian, padahal alasan dia tidak bekerja sama karena dia hanya ingin beperilaku jujur.


Dia sadar dengan bekerjasama dalam ujian itu adalah hal yang tidak baik dan sebuah kecurangan. Kadang bikin sedih kenapa yaa ko orang mau bersikap jujur aja susah dan banyak ujiannya.


Setelah dipikir pikir justru itulah tantangannya, berani berperilaku jujur yaa harus berani menerima resikonya tapi juga sebenarnya banyak manfaatnya.


Salah satunya adalah kamu akan lebih dipercaya, kamu terkenal dengan kejujuran misalnya, orang lain nggak akan khawatir memberikan kamu banyak tanggung jawab, kamu punya banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak kepercayaan dari siapapun.

Oh iya jadi inget sekitar satu bulan yang lalu menemukan ada orang yang menjual sertifikat TOEFL untuk membantu orang-orang yang ingin mendaftar beasiswa dan PNS. Hal itu bikin amat shock kenapa ada orang yang seberani itu memperjual belikan sertifikat palsu kebanyak orang melalui instagram pribadinya.


Padahal kan seleksi PNS dan beasiswa harusnya mengutamakan kejujuran apalagi dua hal ini jika nanti lolos akan memanfaatkan uang rakyat.


Maka dari itu Klikers dan Teman Baik, kamu harus menjadi orang yang berani untuk berperilaku jujur meskipun kamu tau itu sulit dan nggak akan mudah jalanya, tetapi jika niat kita kuat dan prinsip kita untuk selalu berperilaku jujur sudah tertanam baik dalam diri kita dan membiasakanya dari hal hal terkecil, kita bisa ko bertahan hidup menjadi orang yang selalu berani menjadi orang yang jujur.

Apalagi hari ini kasus korupsi rasanya tidak pernah berhenti menjadi berita di negara kita padahal kita sudah merdeka dari 76 Tahun lalu, saatnya kita harus memperjuangkan merdeka bukan hanya dari penjajahan tapi juga dari perilaku tidak jujur seperti korupsi.


Kita bisa memulainya dengan memulai dari kita sendiri untuk berani berperilaku jujur dalam segala situasi. Semangat Klikers dan Teman Baik.

Yuk #SelaluBertumbuh menjadi orang jujur bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

6 views0 comments

Recent Posts

See All