• klik klas

Belajar Parenting Adalah Hak Semua Anggota Keluarga



Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan baik dan bahagia yaaa dan semoga kita bisa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman. Makasih banget loh udah mau mampir baca artikel ini.


Klikers dan Teman Baik, di sini siapa yang pernah ikut acara Temani Teman Fest acaranya klik.klas? terutama tema membangun hubungan supportif anak dan orang tua di masa pendemi? Alhamdulillah bagi yang pernah dan yang belum pernah nggak papa juga sih, semoga tahun depan ada lagi yaaa.


Jadi ketika di acara webinar itu salah satu pemateri bilang kurang lebih kayak gini bahwa anggota keluarga itu yaa kita semua, kita adalah bagian dari keluarga makanya kita perlu belajar bersama menjadi individu yang baik, sebagai orang tua, sebagai anak, sebagai kaka, sebagai adik. Apapun peran kita di keluarga yaa kita adalah bagian di dalamnya.


Asli, itu membuat aku sadar kenapa hari ini kalau acara parenting kebanyakan hanya perempuan yang biasanya udah punya anak yang dateng? Atau perempuan yang emang dalam waktu dekat ada niatan untuk menikah.


Padahal, belajar parenting itu adalah hak segala anggota keluarga. Meskipun misalnya kita masih berniat nikahnya masih lama, nggak papa banget koo kita untuk belajar parenting atau masalah keluarga dari sekarang agar kita bisa belajar baik untuk masa depan keluarga kecil kita kelak dan keluarga yang kita punya sekarang.



Kita bisa belajar bagaimana menjadi anak yang baik, bagaimana menasehati orang tua misalnya jika mereka salah dengan baik baik, jangan sampe dengan seringnya kita belajar parenting kita justru lebih sering menyalahkan pengasuhan orang tua kita. Kita lebih sering menggerutu kenapa dulu nggak di didik seperti ini dan itu. Kita mengeluh dan mengeluh.


Kita merasa mereka belum baik mendidik kita, cara mereka adalah salah dan akhirnya tidak jarang malah berakhir dengan keributan dan konflik berkepanjangan. Padahal, tujuan kita belajar parenting bukan itu, justru dengan belajar kita tau dan punya gambaran kelak jika kita punya keluarga sendiri kita harus apa dan bagaimana.


Nah tapi hari ini kan kita belum punya keluarga sendiri, kita bisa belajar untuk menjadi anak yang baik lewat belajar parenting itu, lebih bijak mengahadapi orang tua yang banyak menuntut misalnya, lebih bijak untuk menghadapi mereka yang banyak membandingkan dan pengasuhan pengasuhan lainya yang menurut kita kurang baik.


Menjadi orang tua itu bukanlah pekerjaan yang mudah, untuk itu kita perlu belajar dari sekarang dengan memulainya menjadi anak yang baik untuk kedua orang tua kita ☺


Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


0 views0 comments

Recent Posts

See All