• klik klas

Belajar Mandiri, Pergi Sendiri



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang kemana mana harus ada yang nemenin? Siapa di sini yang waktu sekolah kalau ke kantin harus bergerombol, kalau ke toilet nggak bisa sendiri harus ditungguin.


Siapa di sini yang nggak pernah ngemall sendiri? Eh cobain deh asik tau.


Mungkin ada diantara yang baca emang anaknya nggak bisa banget sendirian, pokoknya selalu butuh orang lain makanya pacaran terus, dalam hidupnya nggak pernah ada waktu lama untuk jomblo karena emang nggak bisa.


Butuh orang chatting, butuh ditemenin, butuh disayang, pokoknya nggak mau sendiri.


Klikers dan Teman Baik, membutuhkan orang lain dalam hidup kamu adalah sesuatu hal yang normal karena bagaimanapun Tuhan menciptakan kita sebagai makhluk sosial yang butuh orang lain dan mampu untuk bersosialisasi. Dalam menjalani hidup ini kita nggak bisa hidup sendirian selamanya, kita membutuhkan orang lain sampai kita meninggal. Kita nggak mungkin nguburin diri sendiri ya kan ☺


Akan tetapi Klikers dan Teman Baik, alasan kita makhluk sosial nggak bisa membenarkan keinginan kita untuk selalu ditemani oleh orang lain, kita harus beradaptasi untuk melakukanya banyak hal sendirian.




Kita harus beradaptasi jikalau nanti teman teman kita meninggalkan kita karena mempunyai teman yang lain. Kita juga harus beradaptasi jika nanti orang tua kita tua renta dan tidak bisa menolong kita lagi, kita harus beradaptasi bahwa nanti saudara saudara kita juga akan punya kehidupan sendiri.


Semua orang yang hari ini selalu ada untuk kamu, berpotensi meninggalkan kamu bahkan yang pernah berjanji untuk tidak akan pernah meninggalkan kamu. Iyaa itu pacar kamu, akan ada kemungkinan dia juga pergi ko.


Jadi, jika hari ini pacar kamu bilang atau teman kamu bilang nggak akan pernah ninggalin kamu dan akan selalu ada bersama kamu. Percayalah semua orang tanpa tapi akan berpotensi meninggalkan kamu.


Jadi coba deh Klikers dan Teman Baik, hari ini biasakan untuk mandiri. Biasakan untuk nggak biasa harus apa apa ditemenin.



Kamu tidak boleh bergantung kepada siapapun. Kamu harus bisa berdiri di kaki kamu sendiri. pada akhirnya yang tidak akan meninggalkan kamu adalah diri kamu sendiri. Maka, baik baiklah sama diri kamu.


Yuk bisa yuk Klikers dan Teman Baik.


Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

2 views0 comments

Recent Posts

See All