• klik klas

Belajar Lebih Mengenali Emosi Dengan Mood Tracker

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Tahu nggak? Salah satu hal yang sangat lekat dengan kehidupanmu dan nggak bisa terpisahkan dari hari-harimu adalah emosi.


Emosi tidak hanya berhubungan dengan kemarahan, tetapi juga kebahagiaan, kesedihan, kekecewaan, ketakutan, dan masih banyak lagi. Kalau kamu masih berpikir emosi hanyalah marah, yuk, diluruskan lagi pemikirannya.

Beberapa ahli psikologi sudah mengembangkan dan membagi emosi menjadi bermaca-macam jenis. Umumnya yang kita kenal adalah senang, sedih, marah, kecewa, takut, dan jijik.


Namun, tidak hanya itu. Semakin berkembang penelitian berkaitan dengan emosi, semakin banyak nama-nama emosi yang bisa menggambarkan diri kita.


Pernah nggak, sih, ada teman yang menanyakan kabar atau perasaanmu saat ini, tetapi kamu bingung mau menjawab apa dan berakhir dengan jawaban, aku baik-baik aja?


Mungkin, kamu perlu belajar untuk menggali lagi emosi yang kamu rasakan dalam diri. Salah satu caranya adalah menggunakan mood tracker

Seperti habit tracker, mood tracker ini hadir dengan tujuan membantu dirimu untuk menyelami kembali emosi apa yang hadir dalam diri setiap harinya.


Kamu bisa membuat mood tracker dengan kreativitasmu sendiri, atau mengunduh dari berbagai website penyedia mood tracker, atau bisa juga mengunduh aplikasi di ponsel. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang bisa membantumu untuk mengenali emosi dalam diri.


Mengapa ini menjadi penting?

Dengan mengenali emosi dan pola emosi yang kamu rasakan setiap harinya, kamu menjadi semakin jauh mengenali dirimu.


Kamu bisa mengenali alasan kenapa kamu marah, kenapa kamu sedih, dan seberapa sering perubahan emosi itu terjadi dalam dirimu. Mood tracker juga bisa menjadi salah satu bahan evaluasi bulananmu karena kamu akan tahu emosi apa yang dominan di setiap bulannya.

Kalau sudah tahu, lalu apa?

Tentunya, setelah mengevaluasi emosi apa yang dominan di satu bulan terakhir, kamu bisa mulai mengantisipasi kemungkinan lonjakan emosi di bulan berikutnya.


Hal ini pun bisa membuatmu #SelaluBertumbuh karena kamu semakin mengenal diri dan cara terbaik untuk memaksimalkan potensi diri melalu kesadaran serta pengelolaan emosi yang baik.

Kamu bisa juga mengajak temanmu untuk saling berbagi mengenai emosi yang mereka rasakan dengan mood tracker. Siapa tahu dengan #TemaniTeman untuk saling mengenal emosi, hubungan pertemanan dan relasi sosialmu bisa semakin berkembang dan penuh pengertian ke depannya.

Selamat mencoba!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

7 views0 comments

Recent Posts

See All