• klik klas

Belajar Dari One-Sided Love

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Adakah di antara kamu yang pernah mengalami one-sided love atau cinta yang bertepuk sebelah tangan?


Tentu kamu udah nggak asing dengan hal itu, ya. Sebuah kondisi ketika kamu menyukai, menyayangi, dan mencintai seseorang, tetapi dia sama sekali nggak merasakan hal yang sama. Ah, rasanya menyakitkan. Atau tidak? Hehe...


Setiap diri yang mencintai, tentu manusiawi jika ada sebersit harap yang hadir untuk dicintai kembali. Tentunya, hubungan timbal balik lebih menyenangkan dan membahagiakan daripada memendam rasa sendiri, kan? Hanya saja, tak jarang pula ada diri yang ikhlas menerima bahwa cintanya bertepuk sebelah tangan. Pun ada yang terpuruk karena hal itu.


Nah, kemungkinan ini bisa membahayakan kesehatan mental dan keberhargaan dirimu, loh. Kok bisa?


Andaikan, kamu memang benar-benar ikhlas mencintai satu orang saja secara sepihak, bisa jadi kamu menutup peluang cinta lain hadir dalam hidupmu. Bagimu, mencintai satu orang itu adalah yang utama meski dia tak mencintaimu balik. Hanya saja, dirimu pun berhak mendapatkan cinta yang sebenar-benarnya. Jika kamu ikhlas dicintai secara sepihak, jangan juga menutup diri untuk menerima orang lain yang ingin memberi cinta untukmu.


Lain halnya jika kamu termasuk pribadi yang terpuruk ketika mengalami cinta sepihak. Ini bisa menurunkan rasa percaya dirimu, bahkan mungkin memunculkan pikiran bahwa kamu tak layak dicintai.


Tentunya, pikiran ini salah besar, ya. Kamu sangat berhak mendapat cinta dan dirimu terlalu berharga untuk terperangkap dalam keterpurukan cinta sepihak.

Tahu nggak? Cinta sepihak sebenarnya mengajarkanmu banyak hal.


Melalui cinta sepihak kamu bisa belajar bahwa dalam hidup ini, kamu tak bisa memaksa orang lain untuk menyukaimu. Kamu pun belajar untuk menghargai keputusannya yang tak bisa membalas cintamu. Selain itu, yakinlah bahwa cintamu lebih berharga untuk orang lain yang juga bersedia membalas itu. Untuk apa terpuruk karena dia yang tidak mencintaimu?


Dirimu berharga dengan segala cinta yang kamu miliki. Sayang banget kalau cinta yang berharga itu terbuang sia-sia pada dia yang tak peduli dengan cintamu.


Tentunya, jangan sampai cinta sepihak yang kamu alami malah menghambatmu untuk #SelaluBertumbuh. Memang, ada luka yang mungkin membekas karena cinta yang tak berbalas. Namun, #TemaniTeman akan selalu ada untuk membantumu berproses, bertumbuh, dan belajar memaknai segala rasa sakit itu agar bisa menjadi bahan bakar untuk terus melangkah dalam kehidupan.


Kalau kamu bisa memaknai cinta sepihak yang dialami dengan pembelajaran hidup, tentu kamu tidak akan terpuruk terlalu lama. Lagi pula, coba deh cek lagi, jangan-jangan tanpa kamu sadari, ada cinta yang menunggu untuk diterima olehmu!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

25 views0 comments

Recent Posts

See All