• klik klas

Baru Terima Gaji, Belajar Tahan Diri

Siapa di antara Klikers dan Teman Baik yang habis terima gaji langsung jor-joran jajan dan beli skincare? Hayoo...


Klikers dan Teman Baik, kali ini #TemaniTeman mau ngajak kamu biar bisa belajar tahan diri ketika baru saja menerima gaji atau dapet uang dalam rangka apa pun. Memang, manusiawi sekali jika kamu merasa senang dan girang saat akhirnya gaji yang ditunggu-tunggu sampai ke tangan. Apalagi, kamu sudah punya banyak wishlist yang ingin dibeli dan dimiliki.



Namun, hati-hati. Jangan sampai rasa senang itu justru membuatmu boros dan tidak sadar diri dalam menggunakan uang hasil jerih payahmu. Ketika kamu terlalu terbawa euforia saat mendapatkan gaji/uang—apalagi gaji pertama—tanpa sadar kamu bisa menghabiskan hasil jerih payahmu itu dengan super cepat.


Merasa memiliki uang sering kali membuat diri kalap dan tak sadar bahwa impulsivitas yang hadir bersamaan dengan itu bisa membuatmu kembali tak punya uang dengan cepat. So, biar nggak impulsif saat mendapatkan gaji/uang banyak, coba lakukan ini!



1. Tarik nafas dan diamkan uang itu

Saat ada pemberitahuan bahwa rekeningmu bertambah atau tiba-tiba kamu diberikan amplop tebal berisi gaji bulananmu, cobalah untuk tarik nafas dan diamkan uang itu selama beberapa saat. Hal ini bisa membantumu menetralisir gejolak emosi yang datang bersamaan dengan diterimanya gaji itu di tanganmu. Mendiamkan uang sejenak bisa membuatmu terhindar dari impulsivitas yang bergejolak. Khawatirnya, malah kamu langsung menghabiskan uang itu dalam sekejap.


2. Sisihkan untuk ditabung dan sedekah

Sebelum menggunakan uangnya untuk dirimu sendiri, belajarlah untuk menyisihkan uang dan masukkan ke tabungan pribadi—walau hanya 2 ribu rupiah, it’s okay. Selain menabung, berbagilah kebahagiaan itu dengan orang lain melalui sedekah. Jika kamu merutinkan kebiasaan ini, siapa tahu, suatu saat nanti tabunganmu bisa bermanfaat ketika gajian telat atau kamu harus pindah kerja.





3. Atur keuangan dengan pencatatan keuangan

Buatlah daftar kebutuhan yang pokok dan sekunder. Atur keuangan dengan meletakkan prioritas kebutuhan menjadi yang utama. Jangan sampai, yang utama malah diakhirkan dan kamu terlalu semangat untuk jajan terus.


Nah, semoga beberapa hal ini bisa membuatmu #SelaluBertumbuh dan bisa belajar menahan diri ketika mendapatkan gaji atau uang tak terduga. Tentunya, kamu lebih memahami kebutuhanmu sehingga hanya dirimu yang bisa paham cara membagi prioritas keuanganmu.


Semoga bisa jadi orang kaya yang selalu semangat berbagi dengan orang lain, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All