• klik klas

Bangun Tidur Harus Happy Biar Good Mood Sepanjang Hari

Halo Klikers dan Teman Baik! Pernah nggak mengalami bad day sepanjang hari? Bener-bener seharian bawaannya pingin makan orang, rasanya kacau banget suasana hati. Kalau pernah, coba diingat lagi kira-kira apa yang membuat hal itu terjadi?

Salah satu penyebab biasanya karena kamu bangun pagi dengan mood yang nggak enak. Kenapa bisa nggak enak? Mungkin malam sebelum tidur, kamu masih kepikiran sesuatu hal yang menyebalkan jadi terbawa deh sampai keesokan paginya. Bisa juga karena kamu kurang tidur! Penelitian menunjukkan kurang tidur bisa bikin seseorang cemas, gelisah, dan tidak fokus dalam beraktivitas.


Terus gimana caranya biar bangun tidur hatinya enak, adem… Semua dimulai sejak kamu mau tidur. Inilah manfaat sebelum tidur jangan langsung merem ya, tapi kamu lakukan dialog dengan diri terlebih dulu. Kamu refleksikan perasaan dan pikiranmu setelah seharian beraktivitas, kamu maafkan kesalahan orang-orang yang membuat kamu sebal, minta maaf juga kepada siapapun yang tidak sengaja kamu sakiti. Lakukan ini cukup dalam hati saja. Lalu berdoa sebelum tidur dan terlelaplah!


Keesokan hari, cobalah bangun pagi lalu mandi. Studi juga menunjukkan kalau mandi pagi dapat memperbaiki mood yang akan berpengaruh di sepanjang hari itu. Maka dari itu, habis ibadah pagi jangan langsung molor lagi yaaa… Mandi pagi selain menyegarkan badan juga melatih tubuh untuk lebih ‘siap’ menjalani hari. Setelah mandi, baru deh kamu bebas mau membuat daftar yang harus dikerjakan hari ini, mau masak, mau beres-beres. Lakukan aktivitas yang prioritas ya.

Apabila kesadaran akan pentingnya menjaga mood di pagi hari sudah muncul, dapat dipastikan kamu akan lebih mudah mengatur diri. Walaupun badmood akan hal-hal kecil yang mengganggu tidak bisa dihindari, tapi masih ada kesempatan untuk mengelola emosi diri. Misalnya kamu terjebak macet padahal ada rapat pagi, pasti panik dan cemas. Daripada berkutat pada perasaan itu, lebih baik kamu hubungi rekan kerja dan beri kabar kamu akan terlambat. Plus, kamu catat bahwa besok bangun lebih pagi supaya tidak terlambat lagi.

Asyik kan mengatur diri semudah bangun pagi! Ya, walaupun realitanya susah apalagi buat para pekerja yang harus lembur. Tapi coba deh jadikan ini kebiasan.

Mari kita upayakan untuk #SelaluBertumbuh Bersama #TemaniTeman ya!



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya


5 views0 comments

Recent Posts

See All