• klik klas

Bahagia Dengan Cara Sederhana: Beres-Beres Rumah!

Banyak orang merasa capek kalau harus beres-beres rumah, bersihin kamar, ngelap kaca, nyapu, ngepel, menata rak buku.. Rata-rata, pekerjaan rumah ini dilimpahkan ke asisten rumah tangga saking malesnya dikerjain. Tapi, tahukah Klikers dan Teman Baik bahwa bersih-bersih rumah justru bisa menghilangkan capek lho. Bahagianya dapet, bonus keringat pula. Udah sama kayak olahraga deh!



Kalau pernah dengar hidup minimalis ala Marie Kondo, kamu bakal menemukan cara sederhana untuk bahagia yaitu beberes rumah. Sebuah penelitian juga mengatakan hal yang sama bahwa otak manusia suka dengan sesuatu yang nyaman, bersih, dan rapi. Gimana caranya mau nyaman di rumah kalau barang ada dimana-mana?



Kebersihan dan kerapihan rumah juga bisa meningkatkan produktivitas lho. Nggak perlu lagi deh cari tempat nongkrong yang instagrammable. Cukup cari ruang dan posisi nyaman di rumah, kamu bisa menyelesaikan kerjaan dengan khidmat.



Selain membersihkan rumah, kamu juga perlu menyeleksi barang yang sudah tidak terpakai lagi. Menariknya, ini bisa bikin kamu bahagia! Padahal kalau dipikir-pikir ya hanya memilah milih mana yang bisa dipakai, mana yang tidak penting disimpan terlalu lama, dan mana yang bisa bermanfaat jika diberikan ke orang lain.


Tapi efeknya luar biasa untuk kesehatan mentalmu. Disadari atau tidak, ketika kamu merelakan barang yang sudah tidak terpakai kamu sumbangkan, kamu sedang belajar ikhlas. Ikhlas karena orang lain lebih butuh, ikhlas karena tidak semua benda yang kita miliki abadi.


Tapi cara kamu membereskan rumah juga perlu diperhatikan. Gimana mau bahagia, kalau ngerapihin baju sambil cemberut dan ngomel-ngomel hahaha bukannya orang lain senang karena lemarinya beres eh malah kesal dengan sikapmu. Lagi-lagi, ini mengajarkan bahwa saat beres-beres coba lakukan dengan mindful... sepenuh hati.


Kamu bisa #SelaluBertumbuh dari hal-hal yang sederhana tapi dilakukan dengan totalitas. Manfaat itu akan semakin terasa. Beres-beres rumah aja fokus, gimana ngerjain hal lain? Kemungkinan besar akan fokus juga 😊 Jadi, inilah salah satu bentuk mencintai diri sendiri yakni dengan membuat dirimu nyaman di rumah, bisa ikhlas, dan bahagia.

Bersama dengan #TemaniTeman, yuk ciptakan bahagia meski #DiRumahAja.



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

3 views0 comments

Recent Posts

See All