• klik klas

Baca Ini Kalau Suatu Hari Nanti Kamu Harus Hidup Sama Mertua

Banyak kan yang bilang kalau kita menikah artinya kita tidak hanya menikah dengan si dia, tapi juga dengan keluarganya! Pernah nggak sih Klikers dan Teman Baik kepikiran banget gimana ya kalau besok harus satu atap sama mertua pasti serem…

Memang betul kenyataannya mau sebaik apapun (calon) mertua kita, akan ada rasa nggak nyaman kalau harus serumah sama mertua. Takut salah lah, takut dinilai kurang gesit lah, takut dikomentarin masakannya kurang enak lah, apalagi yang paling bikin takut adalah nggak bisa bangun pago hahaha ya nggak?


Tenang, kamu nggak sendirian. Ada banyak pasangan diluar sana yang terpaksa tinggal sama mertua karena kondisi. Bisa jadi karena mertua sudah single parent jadi harus ada yang menemani, bisa jadi suami atau istri kamu anak tunggal dan mertua kamu belum rela anaknya pisah sama dia, bisa jadi secara finansial kamu belum siap sehingga mau nggak mau numpang dulu deh di rumah mertua.



Kalau dirasa-rasa terus, memang banyak nggak nyamannya. Jangan harap ada privasi, kalau kamu mau pergi berlibur berdua sama pasangan aja jadi harus mikir berkali-kali ini diajak nggak ya bapak ibu hahaha…


Tapi tunggu dulu, coba sekarang jangan dirasa-rasain lagi. Tapi dipikir-pikir. Kalau kamu mau sejenak menurunkan egomu dan membuka sudut pandang, hidup sama mertua punya banyak keuntungan. Ini harus kamu patri dalam diri supaya aura mu tetap positif saat berhadapan dengan (calon) mertua.

Mertua sejatinya adalah orangtua kedua kamu yang berhak, sekali lagi berhak untuk kamu hormati dan hargai seperti selayaknya orangtua sendiri. Kamu bisa mengamati kebiasaan-kebiasaannya, apa saja yang ia lakukan kepada anaknya, gimana cara ia memasakkan makanan favorit anaknya, biasanya belanja kebutuhan rumah itu apa saja, dan sebagainya. Observasi ini ibarat kamu lagi training jadi istri atau suami. Coba kalau awal menikah langsung tinggal berdua. Wah bisa dibayangkan betapa riweuh nya harus beberes rumah, masak, belum kalau ada pekerjaan.



Manfaat yang lain yaitu hemat. Sudah pasti kamu akan berbagi pengeluaran dengan mertua, apalagi kalau rumah yang kamu tempati adalah rumahnya. Disisi lain secara nilai agama, tentu hidupmu bisa lebih berkah selama kamu tulus. Ganjaran anak yang merawat orangtua itu luar biasa lho. Keberkahan itu nggak selalu berwujud uang, tapi bisa berwujud kemudahan dalam hidup, kelancaran segala urusan, dan kesehatan jasmani rohani.

Dengan penerimaan yang tulus atas kehadiran mertua di rumahmu, kamu berkesempatan untuk #SelaluBertumbuh. Semangat! 😊


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

2 views0 comments

Recent Posts

See All