• klik klas

Awas Terjebak Pinjaman Online Berkedok Self Reward!

Updated: Nov 8, 2021


Haloo Klikers dan Teman Baik, kamu ngerasa nggak sih akhir akhir ini banyak berita atau postingan akun financial planning sering bahas orang orang yang terjebak pinjaman online? Gaji perbulanya hanya dihabiskan untuk membayar berbagai pinjaman online atau fasilitas fasilitas pembayaran dengan konsep “later”? banyak dong yang sering baca yaa, atau kamu adalah salah satunya?


Klikers dan Teman Baik, kalian nyadar nggak sih semakin mudahnya hari ini masyarakat kita diberi fasilitas untuk berhutang, akibatnya bukan memudahkan orang orang untuk melanjutkan kehidupanya tapi malah mendorong orang untuk berperilaku konsumtif. Banyak orang terjebak pinjaman online sampai belasan juta bahkan puluhan juta hanya untuk memberi makan nafsunya.


Banyak hari ini yang sadar dia tidak mampu untuk membeli barang yang dia mau tapi dia memaksakan diri membelinya dengan melakukan pinjaman online hanya berkedok self reward. Padahal idealnya self reward adalah memberikan hadiah untuk kita bukan malah memberikan beban baru untuk kita.

Klikers dan Teman Baik, dengan melakukan pinjaman online hanya untuk self reward bukanlah bentuk self reward, tapi itu adalah memaksakan diri yang nanti pun kita harus bayar setiap bulanya.


Kita perlu berhati hati dengan kata self reward, self reward lah dengan apa yang kita mampu meskipun dengan hal hal sederhana. Kita tidak perlu punya barang mewah untuk self reward atau pergi ke tempat yang keren dan mahal untuk berterimakasih kepada diri sendiri.


Kamu bisa memilih untuk tidur seharian atau membeli ice cream di warung misalnya, itu juga adalah bagian dari self reward.


Klikers dan Teman Baik, kita harus sadar bahwa manusia fitrahnya memang tidak pernah puas dengan apa yang sudah mereka punya. Kalau hari ini kamu berani untuk memanfaatkan pinjaman online satu juta hanya untuk self reward. Bisa jadi esok atau lusa kamu meminjam sepuluh juta untuk memuaskan diri kamu berkedok self reward.


Jadi, lebih bijak lagi yaa Klikers dan Teman Baik, yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman.


Ada juga yang lebih bahaya dari meminjam online, ketika kamu tidak bisa membayarnya, kamu akan merasa dikejar kejar dan merasa dicari terus, termasuk juga teman temanmu dan keluargamu mereka juga biasanya akan menjadi sasaran pinjaman online untuk menagih hutangmu, jadi lebih hati hati lagi yaa





Semangaaat yaa Klikers dan Teman Baik! Self reward lah dengan yang kamu mampu saja..


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


4 views0 comments

Recent Posts

See All