• klik klas

Apakah Kamu Percaya sama Orang karena 3 Hal Ini?

Klikers dan Teman Baik, kalo kita berbicara tentang rasa percaya pada diri dan orang lain, tentu nggak lepas dari alasan untuk mempercayai sosok tersebut. Lain halnya dengan percaya pada diri sendiri yang didorong oleh penerimaan akan kekurangan dan kelebihan. Ada hal-hal personal yang jadi pertimbangan untuk diri mau mempercayai seseorang atau tidak.


Menurut McKnight and Chervany, peneliti yang berkecimpung di topik soal rasa percaya, ada 3 komponen utama yang dilihat sebagai pertimbangan untuk menaruh kepercayaan ke orang lain. Apa aja, tuh?



1. Keramahan dan Kemurahan Hati (Benevolence)

Sifat ramah dan kebaikan hati biasanya jadi faktor pertama yang dilihat oleh seseorang ketika mau percaya sama orang lain. Bayangin aja ada orang yang baru kamu kenal, sikapnya ramaah banget. Rasanya, kamu pun terbantu dengan beberapa kebaikan dia. Biasanya, hal-hal seperti inilah yang menumbuhkan rasa percaya bahwa orang yang baru dikenal itu adalah orang baik.


2. Integritas dan Kompetensi (Integrity & Competence)

Nah, kalo faktor yang ini biasanya sering dijadikan pertimbangan dalam proses seleksi karyawan atau seleksi lainnya. Kemampuan seseorang untuk bertindak sesuai etika dan berintegritas menjadi daya tarik yang bisa membuat orang lain percaya padanya. Ditambah lagi jika orang itu memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Contohnya aja kamu pasti lebih percaya sama anak rajin yang aktif ngerjain tugas kelompok daripada yang suka tidur di kelas. Iya, nggak?


3. Prediktabilitas (Predicbility)

Apakah kamu bisa bertahan dengan kemungkinan perilaku yang akan ditunjukkan olehnya di masa depan? Nah, tentu dalam berhubungan sosial kamu pun bisa melihat pola sikap dan perilaku seseorang. Dengan memprediksi perilaku mereka, kamu jadi bisa menentukan apakah kamu bisa bertahan untuk tetap percaya padanya atau tidak. Contohnya, pasti kamu lebih percaya pada orang yang selalu jujur daripada orang yang hobinya mengelak dan berbohong terus.



Nah, dari 3 hal ini, kira-kira kamu sering mempertimbangkan yang mana, nih, Klikers dan Teman Baik?


Untuk percaya sama orang, apalagi orang yang baru dikenal, memang perlu beberapa pertimbangan, ya. Jangan sampai kamu malah percaya sama orang yang salah. Tiga hal di atas tidak mutlak hanya itu. #TemaniTeman hanya memberi beberapa hal yang sebenarnya bisa kamu kembangkan lagi untuk #SelaluBertumbuh.


Semoga bermanfaat!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All