• klik klas

Apakah Kamu Pantas Dicintai?

Klikers dan Teman Baik, mungkin kamu pernah berada dalam hubungan yang membuatmu rela memberikan segalanya. Hubungan yang membuatmu mengerahkan seluruh kasih sayang dan cinta yang kamu miliki, tetapi ternyata hubungan itu hanya satu arah. Dia tidak mencintaimu dan lebih memilih orang lain yang menurutnya lebih baik darimu. Hal itu terjadi berulang kali hingga mungkin pada satu saat kamu bertanya, apakah sebenarnya dirimu pantas dicintai?



Berulang kali gagal dalam sebuah hubungan bukan berarti kamu tidak pantas dicintai. Orang lain bisa mengajukan berbagai alasan mereka tidak memilihmu, tetapi itu tidak menutup kenyataan bahwa dirimu pun pantas untuk dicintai. Lalu, mengapa semua hubungan yang terjalin gagal? Mengapa dirimu tak mendapat balasan dari cinta yang sudah diberikan?


Mungkin, kamu memang belum bertemu dengan seseorang yang tepat. Seseorang yang bisa mencintaimu dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Seseorang yang mau menemanimu berproses untuk menjadi lebih baik mengatasi kekuranganmu. Tenang, #TemaniTeman mau kok jadi teman berprosesmu :)



Kamu selalu pantas untuk dicintai karena kamu adalah manusia yang memiliki rasa, jiwa, dan kebutuhan untuk mencintai serta dicintai. Hanya saja, mungkin bentuk cinta yang masing-masing orang butuhkan berbeda. Meski beberapa orang terlihat tidak bisa mencintaimu apa adanya, bukan berarti kamu tak pantas untuk dicintai, kan?


Klikers dan Teman Baik, hidupmu bukanlah hanya sekadar untuk memenuhi ekspektasi lingkungan. Kekurangan dan kelemahan yang kamu miliki bukan hadir untuk membuatmu merasa tak pantas dicintai. Justru, kekurangan dan kelemahan itulah yang bisa menjadi titik balikmu untuk #SelaluBertumbuh. Tanamkan pikiran positif yang bisa membantumu untuk terus berproses menjadi lebih baik.



Pemikiran bahwa dirimu tak pantas dicintai akan menurunkan rasa keberhargaan dirimu. Kamu pun bisa menjadi tidak percaya diri untuk terus bergerak dan bertumbuh. Alhasil, dirimu kesulitan mencapai versi terbaik diri karena merasa tidak pantas dicintai.

Kamu memang tidak bisa meminta semua orang untuk mencintaimu. Namun, pastikan bahwa kamu mencintai dirimu sendiri karena kamu layak mendapatkan cinta dan penghargaan atas segala perjuangan yang telah membuatmu berdiri di titik ini.


So, mulailah menghargai dirimu sendiri. Fokus pada hal positif yang ada dalam dirimu. Ah, dan yang terpenting, mulailah mencintai dirimu sendiri dengan segala hal yang ada dalam dirimu.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All