• klik klas

Apa yang Terakhir Kali Kamu Ajarkan Pada Dirimu Sendiri?

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Tak terasa sebentar lagi sudah mau berganti tahun. Tentu banyak pelajaran hidup yang sudah kamu lewati selama setahun ini. Akan tetapi, apakah pelajaran hidup itu hanya selewat lalu atau ada yang melekat dalam dirimu sebagai ruang bertumbuh?


Mungkin, terlalu sibuk menjalani kehidupan hanya membuat diri berpikir apa yang akan dilakukan besok? Apakah target-target sudah terpenuhi? Atau bahkan sudah membuat target baru untuk dicapai. Kesibukan ini terkadang bisa membuatmu lupa untuk menarik diri sejenak dan merenungi apa yang telah hidup ajarkan padamu.


Kira-kira, bagaimana jawabanmu atas pertanyaan, apa yang terakhir kali kamu ajarkan pada dirimu sendiri?



Setiap hari, tentu ada pelajaran berbeda yang bisa kamu maknai dalam setiap langkah kehidupan. Hanya saja, diri sering luput memetik pelajaran itu dikarenakan sibuk mengejar target-target yang menumpuk—apalagi di akhir tahun. Atau mungkin juga, kamu merasa hidup tidak mengajarkan apa pun selain kesulitan dan masalah yang tiada ujung.


Ah, jika menurutmu hidup tak mengajarkan apa pun, mungkin dirimu sendirilah yang perlu mengajarkan satu dua hal pada dirimu sendiri. Jadi, dari diri, untuk diri, dan oleh diri sendiri. Memberi makna dan pelajaran berarti pada diri bisa membuatmu #SelaluBertumbuh.


Sejak kecil hingga dewasa, pertumbuhan dan perkembangan kita adalah hasil dari berbagai pembelajaran. Sayang banget, kan, kalo semua hanya berhenti di pendidikan formal dan setelahnya, tidak ada yang kamu ajarkan pada dirimu sendiri.



Jadi, kira-kira apa jawabanmu untuk pertanyaan, apa yang terakhir kali kamu ajarkan pada dirimu sendiri?


Apakah artikel baru dari #TemaniTeman? Apakah prinsip baru? Makna kehidupan yang lain? Prinsip hidup dan perjuangan menggapai impian? Atau apa?


Silakan tanyakan pada dirimu sendiri dan jadikanlah jawaban itu sebagai perenungan diri untuk terus berproses. Apa pun yang kamu ajarkan pada dirimu sendiri, pastikan bahwa hal itu bisa membuatmu terus bertumbuh menjadi versi terbaik diri. Menjadi dirimu sendiri, bukan menjadi orang lain, karena dirimu pun berharga dengan segala pelajaran hidup yang sudah kamu dapatkan hingga saat ini.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All