• klik klas

Apa Kebiasaan Kamu Setiap Pagi Hari? Coba Lakukan Ini!

Hai Klikers dan Teman Baik!

Gimana hari-harimu? Apakah penuh dengan ketenangan atau seolah selalu diburu waktu hingga kamu sering tergesa-gesa? #TemaniTeman mau membantumu supaya nggak dikejar-kejar waktu, nih!

Mungkin bagi yang memiliki banyak tanggung jawab dan pekerjaan, waktu sebanyak 24 jam akan terasa kurang. Bahkan jika ditambah jadi dua kali lipatnya pun akan terus terasa kurang karena kewajibanmu lebih banyak dari waktu yang dimiliki. Namun, apakah benar seperti itu?


Sebenarnya, semua manusia diberikan waktu yang sama sepanjang hari—kamu pun pasti menyadari hal itu, kan. Kadang kamu bertanya-tanya, mengapa dia bisa begitu tenang setiap harinya? Seolah beban dan kewajibannya bukanlah hal besar yang bisa membuatnya cemas. Padahal kamu tahu bahwa kamu dan dia sama-sama memiliki banyak tanggung jawab.

Tentunya, hal itu disebabkan oleh pengelolaan waktu yang berbeda serta kebiasaan berbeda yang dilakukan setiap harinya. Salah satunya kebiasaan yang dilakukan setiap pagi sebelum mulai aktivitas dan rutinitas harian.


Memiliki satu kebiasaan yang rutin dilakukan setiap pagi sebelum menghadapi kesibukan harian dikatakan mampu membuatmu lebih siap dan tenang. Seperti misalnya, kamu bangun lebih pagi untuk senam, yoga, atau jogging pagi. Selain menyehatkan tubuh, aktivitas ini menjadi salah satu cara untukmu menyiapkan fisik dan pikiran sebelum berkutat dengan rumitnya tanggung jawab.

Tidak hanya senam dan olahraga yang bisa dilakukan. Kamu pun bisa memulai pagimu dengan salat duha bagi yang muslim, membaca beberapa lembar buku untuk mengisi asupan pikiran, memasak, atau sekadar membuat kopi untuk menjadi teman kerjamu.


Akan berbeda rasanya jika kamu bangun di waktu yang mepet dengan jam kerjamu. Kamu akan merasa terburu-buru dan tidak tenang. Belum lagi jika target pekerjaan hari itu begitu menggunung. Kayaknya kamu bakal stres duluan sebelum memulai.


Jangan sampai rasa tidak tenang ini membuatmu malah tidak maksimal dalam menjalankan tugas.

Banyak hal yang bisa kamu pilih untuk dilakukan setiap pagi sebelum berkutat dengan kesibukan. Pastinya, lakukan hal-hal yang bisa membuatmu #SelaluBertumbuh setiap hari. Nggak mau, kan, kalo hidupmu stagnan di situ-situ aja?


Nah, jadi morning habit apa yang akan kamu lakukan mulai sekarang?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah penempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

6 views0 comments

Recent Posts

See All