• klik klas

Apa Iya Kita Bisa Mengontrol Semua Omongan Orang?

Halo, Klikers dan Teman Baik! Masih tetap setia, ya, bersama #TemaniTeman untuk #SelaluBertumbuh!


Beberapa hari lalu, sempat ramai di media sosial ketika ada narasi untuk menghentikan jokes tentang hari Senin. Bagi beberapa orang di sana, mereka menganggap jokes atau candaan soal hari Senin itu tidak boleh diucapkan dan disebarkan karena bisa membuat orang lain merasa tertekan dan cemas—apalagi orang-orang yang menganggap hari Senin sebagai hari hektik dengan deadline bejibun.

Narasi ini tidak jauh berbeda dengan dulu saat netizen mulai melarang untuk menanyakan perihal, “Kapan nikah?” dengan alasan serupa. Alasannya sih untuk saling menjaga kesehatan mental orang lain. Tapi, apakah cara ini benar?


Perlu kamu ketahui bahwa diri kita tidak bisa mengontrol orang lain dan lingkungan yang datang dalam hidup. Kamu juga tidak bisa membungkam semua orang atas hal-hal yang mungkin membuatmu cemas dan khawatir. Bisa saja ada orang yang senang dengan hari Senin karena itu hari gajian, hari tontonan favoritnya keluar, hari janjian dengan sahabat, dan lainnya. Pun bisa saja ada orang yang senang ditanya perihal menikah, anak, pekerjaan, dan lainnya. Tidak bisa semuanya disamaratakan, kan?

Andaikan, kamu termasuk orang yang tidak suka dan cemas dengan pernyataan-pernyataan itu, menyalahkan dan menyuruh orang lain melakukan hal yang kamu inginkan bukanlah cara yang tepat. Tidak semua hal berjalan sesuai dengan keinginanmu. Tidak semua orang harus mengerti dirimu karena dunia tidak hanya berputar di kamu. Coba bayangkan, kalo kamu yang diminta untuk mengerti orang-orang yang menyukai hal yang tidak kamu sukai, apa nggak capek?


Kamu memang tidak bisa mengontrol semua orang karena itu di luar jangkauanmu. Akan tetapi, kamu bisa mengontrol responsmu terhadap stimulus yang hadir. Kamu bisa menjauhi obrolan tentang hal yang tidak kamu sukai, atau mute word yang bikin kamu cemas di media sosial, dan berbagai cara lain yang memang bisa kamu lakukan.


Menyalahkan orang lain dan mengharuskan mereka untuk mengerti dirimu tidak semudah itu. Kalo hanya berharap dan menunggu mereka mengerti kamu, keburu capek, lho. Bisa stres sendiri nanti, hehe...

So, fokuslah pada hal-hal yang bisa kamu kontrol ya, seperti responsmu, emosimu, dan pikiran yang hadir dalam benakmu.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

3 views0 comments

Recent Posts

See All