• klik klas

Altruisme : Super Baik dan Suka Membantu Orang Lain

Klikers dan Teman Baik pernah nggak menolong orang lain sampai mengorbankan diri sendiri? Misalnya pas lagi kelaparan eh lihat anak kecil jualan koran di perempatan lampu merah kok seperti kelaparan, kasihan… akhirnya kamu berikan bekal makan siangmu untuk anak itu?


Itulah ciri-ciri seorang altruis! Altruis adalah sebutan untuk orang yang super baik banget dan suka membantu orang lain sampai kadang mengorbankan diri sendiri. Sifatnya bernama altruisme.


Orang yang punya sifat altruisme ini tulus melakukan apapun yang membuat orang lain selamat dan sejahtera. Yaa seperti orang yang dermawan. Contohnya seorang relawan. Dia tidak meminta balas jasa apapun dari apa yang sudah dilakukannya.


Banyak potret di media sosial tentang para artis yang menggalang dana untuk membantu sesama. Seperti dr. Lie Dharmawan yang terkenal dengan rumah sakit apungnya. Ia sempat dilabel ‘gila’ karena keberaniannya membantu masyarakat di pelosok secara gratis bermodalkan kapal layar.


Kenapa seseorang memilih untuk menjadi altruis?


Di balik sifat altruisme, ada efek kepuasan yang diperoleh dan bermanfaat untuk mengurangi kecemasan. Jadi memang benar kalau ada pepatah mengatakan “Kita bahagia karena membuat orang bahagia”.


Nah, kebahagiaan inilah yang akhirnya membuat kita sehat dan panjang umur 😊 Buktinya ada penelitian yang mengungkapkan bahwa seseorang yang terlibat dalam kegiatan volunteer memiliki tingkat stres dan depresi yang rendah.


Kalau kamu lagi bete, coba deh mendadak jadi altruis hehehe pasti suasana hatimu langsung berubah jadi lebih baik! Coba aja dulu…



Wah, menyenangkan ya Klikers dan Teman Baik! Kamu bisa #SelaluBertumbuh hanya dengan berbagi asalkan ada ketulusan dan keikhlasan. Tips dari #TemaniTeman, di masa pandemi ini kan kita dianjurkan untuk jaga jarak dan #DiRumahAja, walaupun demikian kamu tetap bisa berbagi dengan mengadakan kuliah whatsapp sesuai dengan minat dan passion kamu. Orang lain senang, kamu pun semakin pintar.


Zaman sekarang mau jadi altruis bisa dilakukan lewat media sosial juga kok. Nggak perlu terjun langsung dan bertemu dengan banyak orang, cukup dengan menggalang dana dan kamu kirim ke orang yang membutuhkan juga bisa. Cara lain yang simple banget kamu bisa kirim makanan ke tetangga! Bahagia itu sederhana kan 😊



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

25 views0 comments

Recent Posts

See All