• klik klas

Adakah Cara Efektif Mengelola Stres?

Stres memang tidak pernah absen dari hidup. Baik itu stres ringan maupun berat, pasti kamu alami juga. Jika stres dan tekanan masih bisa diatasi, mungkin kamu tidak akan terlalu ambil pusing mencari cara terbaik mengembalikan semangatmu. Namun, jika stres itu sudah menumpuk dan mulai mengganggu aktivitasmu, mungkin kamu butuh cara mengelolanya.


Kamu mulai membaca banyak artikel dan mencoba segala bentuk manajemen stres yang ditawarkan oleh artikel itu—termasuk mungkin artikel dari #TemaniTeman. Sayangnya, stresmu tak kunjung berkurang. Justru kamu semakin tertekan dengan keharusan berbuat ini dan itu demi mengurangi stres. Lantas, sebenarnya cara terbaik dan efektif dalam mengatasi stres itu bagaimana, sih?

Klikers dan Teman Baik, berbagai artikel yang ada di jejaring maya hadir hanya untuk memberi saran dan rekomendasi, tetapi bukan memaksamu melakukan hal-hal yang justru membuatmu semakin tertekan. Mungkin kamu akan mengalami trial error dulu demi mendapatkan cara yang tepat. Hal ini disebabkan karena setiap diri memiliki cara masing-masing untuk berdamai dan mengelola stresnya sehingga tidak semua cara tepat untuk setiap orang.


Satu hal yang perlu kamu tanamkan dalam benakmu, manajemen stres yang efektif adalah dengan melakukan hal-hal yang memang kamu enjoy melakukannya. Tidak perlu hal rumit seperti meditasi, menulis, atau membuat to do list harian—kecuali kamu memang senang melakukannya.

Manajemen stres yang efektif adalah yang mampu membuatmu melepas stres, bukan malah semakin tertekan. Hal sederhana seperti bermain dengan hewan peliharaan, makan makanan kesukaan, atau mungkin menonton serial favorit mungkin menjadi salah satu caramu melepas stres yang mulai mengganggu rutinitas.


Jika kamu punya cara lain untuk melepas stres, tentu tidak masalah asalkan bukan dengan perilaku merusak atau menyakiti orang lain, ya!

Satu-satunya manajemen stres efektif adalah dengan melakukan hal yang membuatmu senang, enjoy, dan rileks. Apa pun caranya, selama tidak merugikan atau merusak diri dan orang lain, bebas kamu lakukan. Tidak usah terlalu terpaku dengan rekomendasi dari yang lain, fokus saja pada dirimu yang ingin #SelaluBertumbuh. Temukan caramu sendiri untuk bahagia dan melepas stres karena setiap cara tentu memiliki efektivitas yang berbeda pada setiap orang.

So, gimana cara terbaikmu untuk mengelola stres?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All