• klik klas

Ada Masalah Apa Dengan Insecure?



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang pas baca judul terheran heran “lah ko nggak papa?” “lah penulisnya aneh nih ngajarin yang nggak bener.” Atau respon aneh lainya. Eitsss, tunggu dulu Klikers dan Teman Baik, aku nggak lagi mau menjerumuskan kamu ke arah yang negatif justru aku mau memberikan persefektif baru tentang insecure.

Jadi Klikers dan Teman Baik, sebenarnya insecure itu boleh dan bisa membawa kita ke arah yang negatif tapi bisa juga mengarah ke hal positif. Jadi gini yaa Klikers dan Teman Baik, bayangin deh kalau kita nggak pernah insecure sama diri kita.


Misal berat badan kita udah overweight, kita nggak insecure sama sekali. Pada akhirnya kita makan terus dan membahayakan kesehatan kita dan jadi obesitas. Baju baju kita jadi nggak muat dan kita harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli baju baru. Kalau kita dibonceng orang lain naik motor teman kita merasa berat karena timbangan kita yang naik terus. Coba deh bayangin kalau kita nggak insecure, kita nggak mau memperbaiki diri dan merubah hidup kita lebih sehat. Padahal itu semua demi kebaikan kita juga.



Contoh lain kehidupan kita biasa biasa aja, nggak punya skill baru, merasa selalu tenang tenang aja melihat orang lain udah pada sukses dan kita tetap ngerasa nggak insecure dan rebahan terus. Kita nggak ngerasa termotivasi untuk hidup lebih baik, kita nggak termotivasi untuk meningkatkan skill atau berusaha agar hidup kita melaju lebih baik. Bahaya bukan kalau kita sama sekali nggak ada rasa insecure? Bisa jadi kita bersantai santai di saat orang lain berjuang.


Di sini aku bukan mengajarkan kita untuk insecure terus menerus, tapi kita bisa menempatkan insecure di tempat yang tepat dan membuat kita justru semakin semangat dan bukan putus asa.


Insecure memang nggak baik jika terlalu berlebihan karena dengan insecure nanti kita nggak berani untuk melakukan apapun karena merasa rendah diri, nggak bisa, dan malu tapi insecure juga bisa sebagai pendorong kita untuk lebih baik.


Jadi, kenali dulu insecuremu karena apa. Jika kamu sudah tau insecure kamu karena apa, kamu bisa memperbaikinya perlahan.


Yuk jadi kamu versi terbaik.


Nggak papa insecure sekarang, sukses kemudian.



Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All