• klik klas

Ada Kabar Baik dari Pandemi

PPKM diperpanjang, semua orang jadi meradang. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Kalau iya, artinya kamu tidak sendirian Teman Baik! Kenyataan yang harus dihadapi seluruh manusia di muka bumi ini memang pahit dan menghambat.


Susah cari pekerjaan, habis lulus bingung mau ngapain, kegiatan tatap muka dikurangi, lebaran nggak bisa pulang kampung, cuti bersama dipangkas habis, dan masih banyak sederet dampak negatif akibat pandemi Covid-19 ini.

Rasanya kalau ditanya “Apa kabar?” Jawabannya cukup “Syukur, masih bertahan hidup”. Wait, tapi memang betul lho! Kita semua patut bersyukur karena bisa bertahan sampai disini dengan segala jatuh bangun yang luar biasa.


Lama-lama capek juga dengan aura negatif selama pandemi ini. Helooo, siapa sih yang nggak mengeluh… Daripada menghabiskan energi untuk melawan kenyataan ini, lebih baik kamu coba deh berpikir hikmah pandemi ini apa aja. Ada nggak yang kamu upgrade pada dirimu?


Kalau belum ketemu.. nih dicermati yaaa ada kabar baik dari pandemi untuk kamu.


1. Kamu jadi pribadi bisa menerima kenyataan

Menerima kan gampang!

Tunggu dulu, coba kamu praktikkan. Misal, gara-gara pandemi usahamu jadi gulung tikar. Pasti berat menerima dan akhirnya menyalahkan keadaan. Tapi justru inilah waktu yang tepat untuk belajar ikhlas… Mungkin tahun 2021 kamu berencana liburan bareng keluarga, tapi gagal karena nggak ada penerbangan. Lagi-lagi menerima kuncinya.


2. Keterampilanmu pasti bertambah

Disadari atau tidak, pasti ada yang berubah dari dirimu termasuk skill.

Contoh sederhananya, yang tadinya nggak bisa masak karena bosan di rumah jadi iseng nyobain berbagai resep.


Akhirnya jadi deh makanan! Kamu yang sebelumnya gaptek sama IT, gara-gara segalanya berbasis daring, kamu jadi terdorong untuk belajar mengoperasikan aplikasi atau software.


3. Lebih dekat dengan keluarga

Karena #DiRumahAja, pasti interaksi dengan keluarga semakin meningkat. Komunikasi semakin intens dan inilah saatnya kamu berkontribusi di keluarga. Belum lagi kalau ada ke-riweuh-an di rumah hahaha pasti seru tuh. Nah, semoga kamu nggak hanya dekat secara fisik, tapi juga dekat secara emosional ya dengan keluargamu.


4. Lebih menghargai kesehatan

Siapa yang jadi rajin berjemur angkat tangan! Bersyukurlah karena kamu masih bisa menikmati matahari… yang tadinya jam 08.00 pagi sampai 16.00 sore tubuhmu terpapar AC, sekarang kamu bisa punya waktu untuk mendapatkan vitamin D hanya dengan berjemur. Terlebih kamu akan makin giat berolahraga demi fisik yang prima dan kuat.


5. Lebih menyadari ada hal baik dan sederhana di sekitar kita

Sebelum pandemi mungkin kamu mendefinisikan bahagia dengan syarat. Misalnya, bahagia kalau bisa jalan sama teman-teman, bahagia itu kalau bisa liburan ke luar negeri, bahagia kalau dapat kerja di BUMN, dan sebagainya.


Tapi sejak pandemi ini apa bahagiamu masih bersyarat? Sekarang yang bisa kamu sadari adalah hal baik di sekitarmu. Kamu lihat orang kehilangan pekerjaan karena PHK dan kamu tergerak untuk membantu.. dan kamu bahagia karena itu. Ada keluargamu terpapar Covid-19, lalu tetanggamu mengirimkan makanan. Sesederhana itu sebetulnya 😊

So, percayalah Teman Baik bahwa akan selalu ada kabar baik ditengah kabar buruk. Selalu ada, selama kamu mau berpikir positif 😊

5 views0 comments

Recent Posts

See All